Setengah jalan menuju 1000 orang @knowyourlemons

Gambar
  Setelah mengajar belasan kelas, akhirnya lebih dari 500 orang sudah mendapatkan informasi terkait deteksi dini kanker payudara menggunakan metode "Know Your Lemons".  Sejak kegiatan penyuluhan di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021, sudah mulai digunakan kartu pos yang berisi 12 tanda / gejala kanker payudara dalam bahasa Indonesia. Pencapaian diatas sangat terbantu dengan adanya kegiatan pembentukan Dharma Wanita Persatuan di seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas dimana saya memberi penyuluhan di dalamnya terkait deteksi dini kanker payudara. Diharapkan ke depan, berbagai kegiatan yasinan, siswi sekolah menengah tingkat atas serta karyawati perusahaan dapat dijangkau. @knowyourlemons

Stop Kanker Serviks 2016

Pada tanggal 21-23 Juli 2016, Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI mengadakan pertemuan untuk membahas persiapan Stop Kanker Serviks di Cabin Hotel, Jakarta Utara. Pertemuan ini diikuti oleh 35 kabupaten / kota dari 14 provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pelatihan deteksi dini kanker serviks metode IVA dan deteksi dini kanker payudara yang akan dilaksanakan di tahun 2016. Pelatihan ini nantinya akan diikuti oleh para dokter dan bidan yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan, dilaksanakan oleh pihak ketiga beserta Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota terpilih, dan diharapkan selesai di bulan Nopember 2016 mendatang.  
Kegiatan ini adalah percepatan yang dilakukan oleh Direktorat Penyakit Tidak Menular agar cakupan pemeriksaan skrining / deteksi dini kanker serviks dan payudara meningkat oleh para tenaga kesehatan terlatih, untuk menurunkan angka kesakitan maupun kematian khususnya pada perempuan yang disebabkan oleh kedua jenis kanker tersebut. Skrining kanker serviks metoda IVA dan kanker payudara melalui Sadari dan Sadanis (Periksa Payudara Klinis)  ini adalah upaya pencegahan sekunder. Adapun pencegahan primer khususnya bagi kanker serviks yaitu vaksinasi HPV  masih terkendala mahalnya biaya. Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas pertemuan ini diikuti oleh Kasi P2 dr. Tri Setyautami, MPHM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Surat Al-Baqarah ayat 21, 23-24 Day 9