Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Sedekah dan Peran Pemberdayaan Umat - Mabit

Suasana mabit di Masjid Al-Ihsan
Oleh: Dino Aries Fahrizal, S.STP, MPA

Indonesia adalah negara besar, dari Sabang sampai Merauke, beribu-ribu pulau. Penduduknya sekitar 290-an juta jiwa. Ada penduduk Indonesia yang dikategorikan miskin. Menurut data BPS, penduduk miskin sebanyak 10% sekitar 28 juta orang. Negara kita memiliki hutang yang sangat banyak yaitu 3.438 triliun rupiah. APBN kita berkisar antara 1.200 triliun. Dengan kondisi hutang tersebut setiap orang menanggung hutang sebesar Rp 12.000. Hutang-hutang ini digunakan untuk pembangunan. Kita meminjam hutang paling banyak ke Jepang sekitar 200 triliun. Hutang ke Bank Dunia kurang lebih sama. Jumlah penduduk yang beragama Islam berjumlah 85% dari total penduduk Indonesia. Dari 1980-an mengalami penurunan 5%. Suatu saat Islam bisa jadi minoritas. Pertumbuhan umat Islam Cuma 1% dan umat Kristen 2%.
Arti sedekah sangat luas.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al Baqarah, 2: 261)

Apa yang dimaksud dengan sedekah. Sedekah berasal dari kata shidq yang artinya benar. Sedekah tidak hanya mengeluarkan harta. Sedekah lebih bebas pendistribusiannya ketimbang zakat.

Macam-macam sedekah:

Membaca tasbih, tahlil dan tahmid. Rasulullah SAW bersabda: setiap anak cucu Adam memiliki 360 persendian, bila dia menyingkirkan duri dari jalan, …. Menyingkirkan dari azab neraka

Berhubungan intim suami istri. Hubungan ini bernilai sedekah. Rasulullah bersabda: bila seseorang melampiaskan syahwat di tempat yang halal adalah sedekah …

Bekerja untuk menafkahi keluarga. Rasulullah SAW bersabda: tidak ada pekerjaan yang lebih mulia daripada pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri. Setiap harta yang diberikan kepada keluarga adalah sedekah.

Membantu orang lain. Rasulullah SAW, setiap Muslim harus bersedekah … bila tidak mampu, bekerja dengan tangannya sendiri … membantu orang yang membutuhkan dan teraniaya …. Mengajak kepada yang ma’ruf ….. menahan diri dari perbuatan buruk.

Mendamaikan dua orang berselisih. Rasulullah bersabda: …. Mendamaikan manusia yang berselisih adalah sedekah …

Menjenguk orang yang sakit.  Rasulullah bersabda: ….. menjenguk orang sakit mendapatkan kebaikan sepuluh kali lipat …

Berwajah manis dan memberikan senyuman. Rasulullah bersabda: …. Ketika menemui saudara dengan wajah yang ramah…

Berlomba-lomba dalam amalan sehari-hari. Rasulullah bersabda: siapa yang bersedekah …. Siapa yang mengantar orang yang meninggal …. Siapa yang memberi makan orang miskin … siapa yang menjenguk orang yang sakit … masuk surga

Apapun harus dilatih. Bersedekahpun juga harus berlatih. Latihan bersedekah adalah latihan untuk menjadi orang kaya. Karena hanya orang yang mempunyai kelebihan yang bisa bersedekah. Banyak orang yang kaya, tapi berat untuk sedekah. Banyak orang kaya, tapi perilakunya seperti orang miskin. Ada orang yang biasa-biasa saja tapi bisa menyumbang.

Beberapa keutamaan sedekah

Memperoleh pahala yang berlipat.

Bekal menuju akhirat.
 Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. (Q.S. Al Baqarah, 2: 254)

Perisai api neraka. Lindungi wajah kalian dari api neraka meskipun dengan sebiji kurma.

Pelindung di padang mahsyar.

Pemadam panas di alam kubur. Sedekah akan menjadi pemadam panas bagi pemilik sedekah.

Penyebab malaikat mendo’akan seorang yang berinfaq

1 dari 7 golongan yang mendapat naungan dari Allah. ….. seseorang yang bersedekah sesuatu sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.

Sahabat berlomba-lomba dalam ketaatan. Seseorang tidak akan sempurna kebajikannya sampai dia menyedekahkan sesuatu yang paling disukai. Abu Thalhah langsung menyedekahkan kebun anggur yang paling dia sukai.

Abu Bakar membebaskan budak dengan hartanya. Utsman mempersiapkan perlengkapan perang. Dahsyatnya sedekah dapat kita lihat pada Aksi Bela Islam I, II dan III. Bendahara GNPF: dana untuk 411 sekitar 3,5 milyar, hanya dalam waktu 5-6 hari.

Dengan bersedekah, kita bisa melaksanakan kegiatan yang mendukung nilai-nilai Islam.
Potensi zakat di Indonesia, 27 triliun. Realisasinya baru sekitar 4 triliun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan