Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Safari Subuh Dewan Masjid Indonesia di Masjid Baitul Muttaqin

Pada hari Sabtu, 8 Juli 2017 bertempat di Masjid Baitul Muttaqin, Jalan Kalimantan, Kuala Kapuas dilaksanakan kegiatan Safari Subuh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kabupaten Kapuas. Dalam kegiatan ini disampaikan kuliah subuh oleh ketua DMI yaitu Guru Parhani mengenai Memakmurkan Masjid, berikut catatan singkatnya:

Safari Subuh bertujuan untuk mengajak masyarakat senantiasa shalat berjama’ah. Memakmurkan masjid adalah tanggung jawab umat Islam. Kita tidak hanya disuruh untuk membangun masjid, tapi juga memakmurkannya.

Memakmurkan masjid adalah saksi keimanan kita kepada Allah. Cermin keimanan adalah masjid, langgar, mushola. Bila di suatu tempat ada masjid, kemudian makmur, maka pertanda keimanan masyarakat di daerah tersebut baik. Sebagaimana juga cermin ekonomi, masyarakat meramaikan pasar. Masjid adalah cermin keimanan. Masjid yang megah, tapi hanya dipakai seminggu sekali, kan sayang.

Ada masjid yang banyak tahi kumbangnya. Ketika ditanyakan kepada masyarakat disekitarnya apakah itu masjid atau mushola. Mereka mengatakan bahwa itu masjid tapi hanya dipakai seminggu sekali. Masjid harus ada  pengkaderan, sehingga kalau orang yang senantiasa mengajak ke masjid meninggal, maka ada yang melanjutkan.

Masjid adalah tempat yang paling mulia di dunia. Sebaik-baik tempat yang ada di dunia ini adalah masjid-masjid-Ku. Kalau kita masuk masjid dengan niat I’tikaf, nilainya ibadah. Di tempat lain, meskipun dua jam, tidak bernilai ibadah. Meskipun masjid hanya terbuat tiang galam dan atap dari daun nipah lebih mulia dari sebuah istana.

Salah satu orang yang mendapatkan naungan Allah SWT adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Pikirannya selalu bagaimana memakmurkan masjid. Masjid punya fungsi ganda, selain shalat, juga tempat untuk menimba ilmu (diskusi, seminar).

Shalat di masjid adalah sangat utama. Laki-laki diharapkan shalat di masjid. Ada mazhab yang mengatakan bahwa shalat berjama’ah di masjid adalah fardhu ‘ain (Maliki, Hanbali). Ada yang bilang bahwa shalat di masjid adalah syarat sah shalat. Dalam mazhab Syafi’I ada yang berpandangan bahwa shalat berjama’ah adalah fardhu kifayah. Ada yang berpendapat bahwa shalat berjama’ah adalah sunnat mu’akadah. Hukum laki-laki di rumah adalah makruh.

Ada masjid yang adzan, iqamah dan imamnya adalah kaumnya. Laki-laki shalat di masjid, wanita bisa shalat di rumah.

Seorang pendeta tidak kagum dengan kaum Muslimin. Dia baru akan kagum kalau shalat Subuhnya bisa seramai shalat Jum’at.

Bila hati umat ini bisa bersatu, maka tidak akan terjadi perselisihan.

Ketika shalat itu diwajibkan sampai beliau sakit, beliau tidak pernah meninggalkan shalat berjama’ah. Pernah dalam kondisi sakit beliau berangkat ke masjid.


Kadang ada masjid yang adzannya cuma Maghrib dan Isya. Upayakan masjid bersih, sehingga nyaman bagi orang untuk beribadah dan beri’tikaf. Kalau bisa ada kaumnya. Tolong perhatikan kesejahteraan kaum. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan