Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Dialog Imam Al-Ghazali dengan muridnya - Ustadz Hamidan, S.Ag



Dialog Imam Al-Ghazali dengan muridnya: Apa muridku, apa di dunia ini yang paling dekat. Dia menjawab, anak, istri, kekasih. Wahai muridku, semua jawabanmu adalah benar, namun yang paling dekat adalah kematian. Saking dekatnya, kita tidak tahu kapan kita akan mati. “Setiap jiwa pasti akan mati”. Usia rata-rata 70-80 tahun.

Usia nabi Adam mengatakan umurnya 913, 930, 940 atau 1000 tahun. Umur Nabi Nuh 1050, 1400, 1600, 1700 tahun. Yang ma’tsur adalah 1050 tahun. Begitu panjang umurnya, digunakan untuk menyampaikan risalah Allah. Usia nabi-nabi yang lain, sedikit dibawah 100 tahun. Nabi Isa 53 tahun (beliau diangkat oleh Allah). Usia Nabi Muhammad SAW 63 tahun (dalam perhitungan kalender Arab).

Usia itu seperti buah kelapa, ada yang muda, ada yang tua. Tidak bisa dipastikan bahwa yang tua akan mendahului kita.

Wahai muridku, apa di dunia ini yang paling jauh. Yang paling jauh adalah bintang, bulan, planet-planet. Wahai muridku, semua jawabanmu adalah benar, tetapi yang paling jauh sesungguhnya adalah masa lalu. Apapun kendaraan kita, secepat apapun kendaraan tersebut, dia tidak bisa mengejar masa lalu. Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka dia beruntung. Barang siapa hari ini sama dengan hari kemarin, dia rugi. Barang siapa hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka dia terlaknat.

„Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan orang-orang yang saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran,“ (Q.S. Al-Ashr, 103: 1-3)

Jika kamu mampu berlarilah, jika tidak mampu berjalanlah, jika tidak mampu merangkaklah.
Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berbuat baik kepada Allah SWT.

Apa sesungguhnya di dunia ini yang paling berat. Sang murid mengatakan bahwa yang paling berat adalah batu, baja. Semua jawabanmu itu adalah benar, tetapi yang paling berat adalah menjalankan amanah Allah.
Sesungguhnya manusia itu amat jahil dan amat bodoh. Ketika Allah memberikan amanat kepada langit dan bumi, mereka tidak sanggup menerima amanah tersebut. Ketika amanah itu diberikan kepada manusia, dengan kezaliman dan kebodohan yang dimilikinya, dia menerima amanah tersebut.

Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku.

Setiap orang adalah pemimpin dan mereka akan dimintakan pertanggung jawabannya.

Apa yang paling besar. Muridnya menjawab bahwa yang paling besar adalah gunung, bumi dan planet-planet. Jawabanmu adalah benar, namun yang paling besar adalah hawa nafsu yang bersembunyi dalam setiap jiwa manusia. Hawa nafsu senantiasa mengitip dikala suka dan duka. Hawa nafsu harus disingkirkan dari jiwa kita masing-masing.

Apa sesungguhnya di dunia ini yang paling hina. Yang paling ringan adalah debu, kapas. Semua jawabanmu adalah benar, tetapi yang paling ringan adalah meninggalkan shalat. Tatkala kita disibukkan dengan pekerjaan, sehingga kita lupa shalat. Shalat lebih utama dilaksanakan diawal waktu, berjama’ah.
Guru Imam Al-Ghazali jumlahnya 1080.

Saat shalat Isya, datang tamu. Ketika shalat Isya berakhir, baru tamu pulang. Ketika ke masjid, shalat sudah selesai. Ketika mengejar masjid lain, jama’ahnya sudah bubar. Beliau shalat Isya di rumah sebanyak 27 kali. Dalam mimpi dia menunggang kuda mengejar kelompoknya, tapi dia tidak berhasil menyusul mereka. Rombongan di depannya mengatakan bahwa mereka tadi ikut shalat berjama’ah di masjid.

Program Dewan Masjid Indonesia patut diacungkan jempol, karena program ini tidak membawa bendera apapun, melainkan untuk mengajak kepada kebenaran dan mengajak dengan kesabaran. Program ini dilaksanakan


Apa sesungguhnya di dunia ini yang paling tajam. Yang paling tajam adalah pisau, silet. Semua itu benar, tapi yang sesungguhnya yang paling tajam adalah lidah. Ketika orang terluka dengan pisau ada silet, kalau diobati akan sembuh. Kalau orang terluka dengan kata-kata, meskipun sudah diobati, masih berbekas di hati. Jangan sampai perkataan kita menyakiti hati orang lain. Ketika kata-kata melukai hati, kemana obat dicari. Meskipun kita meminta maaf, pasti kata-kata tersebut akan teringat seumur hidup. Jangan sampai lidah kita melukai hati orang lain. Dengan sesama manusia, kita harus minta maaf. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan