"Old couples" di Sydney Airport

Gambar
  Ada satu hal yang menarik perhatian saya saat berada di Sydney Airport yaitu banyaknya pasangan suami istri lanjut usia yang berada di bandar udara ini. Di beberapa tempat makan yang tersedia di sini, banyak diantara mereka yang menempati tempat duduk berdua. Mereka umumnya membawa tas yang cukup untuk dibawa berdua. Mereka ngobrol berdua. Ada juga yang sama-sama pegang HP dan sibu dengan HP masing-masing. Namun sebagian besar dari mereka mengobrol dengan pasangannya. Saya mencoba untuk melihat statistik orang tua di Australia, ternyata sekitar 16% (2020) , lebih banyak dibandingkan dengan Indonesia yang hanya 10% (2019) .  Jadi memang secara statistik jumlahnya lebih banyak. Mereka umumnya tidak tinggal dengan keluarga tapi tinggal berdua saja. 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018

Fokus pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018 adalah "Tembakau dan Penyakit Jantung." Kampanye ini akan meningkatkan kesadaran terhadap:
  • hubungan antara tembakau dan penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya, termasuk stroke, yang bila dikombinasikan merupakan penyebab kematian yang utama di dunia.
  • tersedianya tindakan dan ukuran yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mengurangi resiko kesehatan jantung yang diakibatkan oleh tembakau.


Bagaimana tembakau membahayakan kesehatan jantung manusia di seluruh dunia

Penggunaan tembakau merupakan faktor resiko yang penting untuk perkembangan penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit pembuluh darah perifer.

Fakta-fakta tentang tembakau, penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya

Penyakit jantung dan pembuluh darah membunuh lebih banyak manusia dibandingkan dengan penyebab kematian lainnya di seluruh dunia, dan penggunaan tembakau dan paparan perokok pasif berkontribusi pada sekitar 17% dari semua kematian akibat penyakit jantung. Penggunaan tembakau adalah penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah setelah tekanan darah tinggi. 

Epidemi global tembakau membunuh lebih dari 7 juta orang setiap tahunnya, yang mana hampir 900.000 nya adalah bukan perokok yang meninggal akibat menjadi perokok pasif. Hampir 80% dari lebih dari 1 milyar perokok di seluruh dunia tinggal di negara miskin dan negara berkembang, dimana beban penyakit dan kematian terkait tembakau paling berat. 

Tujuan kampanye Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018 bertujuan untuk:
  • Menggarisbawahi hubungan antara penggunaan produk tembakau dan penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya.
  • Meningkatkan kesadaran pada masyarakat tentang dampak penggunaan tembakau dan paparan terhadap perokok pasif terhadap kesehatan jantung.
  • Memberikan kesempatan kepada masyarakat, pemerintah dan yang lain untuk membuat komitmen untuk mempromosikan kesehatan jantung dengan jalan melindungi masyarakat dari penggunaan produk-prodhttp://www.who.int/mediacentre/events/2018/world-no-tobacco-day/en/uk tembakau.
  • Mendorong negara-negara untuk memperkuat implementasi dari langkah-langkah pengendalian tembakau secara global menggunakan MPOWER yang terkandung dalam Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau WHO (WHO FCTC).

Sumber: WHO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

3 Penyebab Isra' Mi'raj