Senin, 04 Juni 2018

Pengalaman berobat di RSUD Ulin Banjarmasin

Pagi ini, Senin, 4 Juni 2018, sekitar pukul 04.45 WIB, admin bersama istri berangkat ke RSUD Ulin Banjarmasin dari Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Kami sampai di RSUD Ulin sekitar pukul 06.00 WIB. Sewaktu mengambil nomor antrean di loket pendaftaran, rupanya sudah nomor 223.

Sambil menunggu di loket pendaftaran, admin ngobrol dengan pasien yang sama-sama menunggu disana. Admin bertanya kepada beliau, bagaimana bisa dapat nomor yang kecil (nomor 5), jam berapa datang ke loket? Dia bilang bahwa dia datang ke loket ini jam 05.00 WIB.

Karena loket baru buka pukul 06.30 WIB, kami dipanggil satu persatu ke meja pendaftaran. Melihat antrian kami masih lama, admin lalu naik ke lantai dua untuk menanyakan tarif poliklinik VIP. Rupanya tarif-nya Rp 144.000 dan biaya pemeriksaan laboratorium, radiologi dan lain-lain menggunakan tarif umum. Admin langsung mengajak istri ke poliklinik VIP.

Setelah mendaftar, kami menunggu sebentar, tak lama kemudian kami sudah dipanggil. Di dalam ruangan poliklinik, kami diperiksa oleh dokter spesialisnya. Setelah pemeriksaan beliau menyarankan kepada kami untuk melakukan pemeriksaan radiologi. Menariknya, beliau rupanya memberikan kesempatan kepada pasien untuk menggunakan pemeriksaan radiologi dengan tarif BPJS Kesehatan. Namun kami minta untuk menggunakan pemeriksaan umum saja.

Kami langsung ke ruang pemeriksaan USG yang ada di seberang poliklinik tersebut. Tak lama kemudian kami kembali dipanggil untuk pemeriksaan USG. Setelah mendapat hasil pemeriksaan USG, kami kembali ke poliklinik. Sayangnya, dokternya sudah keburu ada operasi dan diperkirakan sampai siang tidak akan kembali lagi.

Syukurnya kami sudah mendapatkan apa yang kami perlukan yaitu pemeriksaan USG yang diperlukan oleh dokter di Kapuas.

Setelah admin tanya-tanya dengan petugas radiologi, mereka bilang bahwa mereka bisa menerima rujukan pemeriksaan radiologi dari dokter di luar rumah sakit asal ada pengantarnya.