Rabu, 29 Mei 2019

Allah memuliakan Rasulullah SAW



Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, (Q.S. Ash-Sharh, 94: 4)

Dunia penuh dengan orang yang memuliakan dan merendahkan Rasulullah SAW. Internet penuh dengan kedua hal tersebut. Upaya untuk merendahkan Rasulullah adalah usaha yang sia-sia karena "matahari" akan selalu bersinar. Cahayanya akan mengenai mereka. 

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Q.S. Al-Ahzaab, 33: 56)

Kata "shallah" digunakan untuk kayu yang dibakar untuk melembutkannya sehingga bisa dibentuk. Jadi salah satu manfaat shalawat adalah membuat hati seseorang menjadi lembut terhadap Rasulullah SAW. Kondisi ini membuat iman kita menjadi aman.

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu "cinta" kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, (Q.S. Al-Hujurat, 49: 7)

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Ali Imran, 3: 31)

Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (Q.S. An-Nisa, 4: 65)

"Salam" tidak hanya berarti kita mengirim kedamaian untuk beliau tapi juga berarti bahwa kita betul-betul menerima apa yang beliau sampaikan. 

Hati-hati mengatasnamakan Rasulullah SAW tanpa mengetahui dengan baik apa yang dimaksud dengan hadits tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!