Sabtu, 11 Mei 2019

Istighfar diwaktu sahur - Ustadz Abrar Harun (1)





Waktu terbaik untuk istighfar:

Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (Q.S. Adz-Dzariyat, 51: 18)

Istighfar yang terbaik: Astaghfirullah; Astaghfirullah wa atuubuu ilaih; ...

Dosa yang tidak diampuni: kekafiran yang dibawa mati; mati dalam kemaksiatan; kemusyrikan; mati dalam keadaan fasik:

Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampun bagi mereka (adalah sama saja). Kendatipun kamu memohonkan ampun bagi mereka tujuh puluh kali, namun Allah sekali-kali tidak akan memberi ampunan kepada mereka. Yang demikian itu adalah karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik. (Q.S. At-Taubah, 9: 80)

Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik. (Q.S. At-Taubah, 9: 84)

Jangan samakan bila pemabuk yang meninggal dalam keadaan mabuk dengan ustadz yang meninggal. Orang yang meninggal dalam keadaan mabuk tidak boleh dishalati dan tidak boleh dido’akan.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Hujurat, 49: 11)

Orang mu’min dengan mu’min yang lainnya akan saling menguatkan ...

Semua kelompok Islam mendasarkan ibadah mereka pada Qur’an dan sunnah. Tapi dalam aplikasinya berbeda.

Kelompok mu’min jangan saling mencela. Bisa jadi kelompok yang dicela lebih baik dari kelompok yang mencela.

Orang mu’min itu seperti satu tubuh: sakit gigi, kaki yang bisa ke masjid

Ketika kamu mencela mu’min yang lain, berarti kamu mencela dirimu sendiri.

Membicarakan keburukan orang lain – ghibah. Kalau menceritakan dengan menambahkan atau mengurangi maka itu adalah fitnah. Orang yang membenarkan celaan bisa masuk neraka.

2/3 isi kandungan Qur’an itu menceritakan masalah akhlak. Akhlak Rasulullah adalah Qur’an.

Orang yang minta tolong kepada aulia dilarang:

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (Q.S. Az-Zumar, 39: 3)

Dan apabila hanya nama Allah saja disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati. (Q.S. Az-Zumar, 39: 45)

1 komentar:

  1. Online Quran Academy
    Online Quran Academy: Your family’s important, journey into learning Arabic and the {Quran} can begin with just three easy steps.

    (LQC) facilitates your purpose, every impression of the way to achieve excellent, online Quran teaching.

    and Arabic teaching. With LQC’s online Quran academy and, online Arabic academy, you can read at your step in your own home.

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!