Sabtu, 06 Juli 2019

Keadilan dan Ihsan - Ustadz Abrar Harun




Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S. An-Nahl, 16: 90)

Keadilan
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. (Q.S. An-Nahl, 16: 126)

Membalas tamparan dengan tamparan yang sama.

Definisi adil menurut Dr. Muhammad Hathout: bila ada dua hal yang sudah sesuai pada tempatnya, maka pilih yang manfaatnya lebih besar. 


( 1 )   Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
( 2 )   Itulah orang yang menghardik anak yatim,

( 3 )   dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.
(Q.S. Al-Ma'un, 107: 1-3)

Laki-laki mendapat waris lebih besar karena bagian mereka adalah bagian dari keluarganya.

Kisa Musa yang menyaksikan bagaimana seorang laki-laki tua dibunuh oleh pedagang kaya karena disangka mengambil uang yang sebenarnya diambil oleh anak kecil.

Ihsan

Ihsan adalah engkau beribadah seolah-olah engkau melihat-Nya, apabila engkau tidak bisa melihat-Nya maka sesungguhnya Ia melihatmu.

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. (Q.S. Yasin, 36: 65)

Al-Ihsan dalam makna kebaikan.

2/3 Al-Qur'an berisi masalah akhlak.

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (Q.S. Al-Qalam, 68: 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!