Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Buah dari Pohon Iman - Yasir Qadhi

pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (Q.S. Ibrahim, 14: 25)

Buah dari pohon ini bermacam-macam, tidak cuma satu. Pohonnya berbuah disepanjang musim. 

Salah satu buah dari pohon ini adalah iman. Tanpa iman kita tidak akan masuk surga:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (Q.S. Al-Kahfi, 18: 107)

Pohon iman untuk masing-masing orang berbeda. Dia akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan pohon imannya masing-masing. 

Tingkatan iman. Meskipun hanya memiliki sangat sedikit iman di dalam hatinya, dia akan diselamatkan dari neraka (dikeluarkan dari neraka mereka yang di dalam hatinya ada iman meskipun hanya sebesar atom atau lebih kecil lagi). Mereka yang tetap dalam neraka adalah mereka yang tidak ada imannya.

Mereka yang melaksanakan rukun Islam dan menghindari dosa besar maka dosa-dosa kecilnya akan diampuni. Bila melakukan dosa besar, maka bertaubat sebelum meninggal. 

 Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (Q.S. An-Nisa, 4: 31)

Dengan iman, amal saleh akan dibalas Allah:

Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (Q.S. Al-Israa', 17: 19)

Mereka yang tidak memiliki iman, maka amal tidak akan diterima Allah. Mereka yang tidak beriman kepada Allah, maka dia akan mendapatkan balasannya di dunia. Sesungguhnya amal itu tergantung kepada niatnya. 

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. (Q.S. Hud, 11: 15)

Orang beriman, karena imannya akan diampuni.

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu'minun, 23: 109)

Allah akan melindungi orang-orang yang beriman:

Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. ... (Q.S. Al-Hajj, 22: 38) 

Semakin bertambah keimananmu maka akan makin mudah kita meningkatkan keimanan kita:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya ... (Q.S. Yunus, 10: 9)

Semuanya baik bagi orang beriman:


Sungguh ajaib dalam urusan orang mukmin! Sesungguhnya setiap urusannya baginya ada kebaikan dan perkara ini tidak berlaku melainkan kepada orang mukmin.  Sekiranya dia diberi dengan sesuatu yang menggembirakan lalu dia bersyukur maka kebaikan baginya.  Dan sekiranya apabila dia ditimpa kesusahan lalu dia bersabar maka kebaikan baginya. (H.R. Muslim)

Mereka akan diberikan kekuasaan:

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, ... (Q.S. An-Nuur, 24: 55)

Dalam waktu satu abad, mereka menguasai sebagian dunia.

Iman memberikan optimisme, kekuatan (jalan keluar):

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Q.S. Ath-Taalaq, 65: 2-3)

Allah akan meninggikan derajat orang-orang beriman dan berilmu:

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. ... (Q.S. Al-Mujadilah, 58: 11)

 Allah akan meringankan beban kita:

dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, (Q.S. Ash-Shar, 94: 2)

Kita mempunyai tujuan hidup

Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? (Q.S. Al-An'aam, 6: 122)

Kehidupan yang baik

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. An-Nahl, 16: 97)

Digemberikan saat sakaratul maut:

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu". (Q.S. Fussilat, 41: 30)

Persaudaraan:

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Q.S. Al-Hujurat, 49: 10)

Mendapat cahaya di akhirat:

(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, ... (Q.S. Al-Hadid, 57: 12)

Melihat Allah:

Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat (Q.S. Al-Qiyama, 75: 22-23)

Sekali-kali tidak, sesungguhnya mereka pada hari itu benar-benar tertutup dari (rahmat) Tuhan mereka. (Q.S. Al-Mutaffifin, 85: 15)

Imam Syafi'i : balasan terbaik bagi orang beriman adalah diangkatnya hijab.
  • Mataharinya iman adalah Qur'an dan Sunnah
  • Air untuk menyiram iman adalah amal saleh
  • Predator yang akan memakan iman adalah dosa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan