Sabtu, 18 Januari 2020

Mizan, Tahmid dan Tasbih - Hadits ke-23 Arba'in Nawawi - Suriani Jiddy, Lc



Alhamdulillah akan memenuhi timbangan. Subhanallah wal hamdulillah, keduanya akan memenuhi antara langit dan bumi.

Allah menjadikan seluruh perbuatan dan perkataan menjadi sesuatu yang bisa ditimbang dan dilihat. Hal ini dimulai dari kubur dan hari kiamat.

Hadits dari Al-Barra bin Azib. Hadits tentang perjalanan ruh setelah kematian. Sesudah mayat dikubur, bisa memberikan jawaban dari pertanyaan Munkar dan Nakir, tiba-tiba ada suara dari atas – Hamba-Ku benar, bentangkan untuknya surga, beri pakaian surga, bukakan pintu surga untuknya, dia mendapatkan angin dan wanginya surga. Kubur menjadi seluas mata memandang. Kemudian datang orang yang wajahnya bagus, pakaiannya bagus, baunya wangi yang mengatakan kabar gembira bagimu dengan surga yang seluas langit dan bumi. Siapa engkau? Saya amal salehmu.

Kebaikan apa pun yang kita lakukan. Jangan remehkan kebaikan, meskipun hanya bermanis muka, menampakkan keceriaan, tersenyum kepada saudaramu.

Makhluk yang menjelma dari kebaikan kita, akan menemani kita di alam kubur.

Begitu juga dengan ruh orang kafir. Ketika ditanya oleh Munkar dan Nakir, dia tidak tahu. Setelah itu datang makhluk yang sangat menakutkan dan berbau busuk yang luar biasa. Ketika ditanya siapa dia. Dia menjawab bahwa dia adalah amal buruknya yang dilakukan di dunia.

Di hari kiamat, amal yang menjelma menjadi makhluk, disebutkan dalam hadits Muslim: Bacalah Qur’an, karena Qur’an akan datang kepada orang yang membacanya, memahami dan mengamalkannya, untuk memberikan syafa’at.

Hadits lain: bacalah surat Al-Baqarah dan Ali Imran karena kedua surat itu akan datang hari kiamat dengan dua tumpuk awan yang akan melindungi pembacanya atau kedua kelompok burung yang melindungi pembacanya.

Ada dua kalimat yang mudah untuk diucapkan oleh lisan tapi sangat berat dalam timbangan, dua kalimat itu sangat dicintai oleh Allah yaitu subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil adziim.

Al-Mizan (timbangan)

Ketika Rasulullah mengatakan ucapan Alhamdulillah memenuhi timbangan. Ulama menjelaskan tentang mizan. Ada makhluk yang Allah jadikan yaitu mizan (timbangan) – menurut bahasa. Istilah : sesuatu yang Allah letakkan untuk menimbang amal hambanya.

7: 8-9

Orang yang beruntung adalah orang yang amal kebaikannya berat. Orang yang ringan timbangannya, dirinya rugi, dia mengingkari ayat-ayat kami.

21: 47

Timbangan cermat, teliti, akurat, tidak ada salah sama sekali.

23: 102-103

Berat timbangannya adalah orang yang beruntung. Barang siapa yang dijauhkan dari siksa neraka dan dimasukkan ke dalam surga adalah orang yang beruntung.

Kita tidak bisa menyalahkan orang lain. Apa yang menimpa kita adalah akibat perbuatan kita.

Al-Qariah: 6-11

Tahmid dan Tasbih

Ayat-ayat Tahmid

1: 2

6: 1

18: 1

Zikir – Ya Allah, kepada-Mu-lah seluruh pujian

Orang dipuji karena melakukan kebaikan. Allah kita puji karena perbuatan-Nya yang baik. Semua perbuatan Allah adalah baik. Allah tidak pernah melakukan kecuali yang baik. Pemahaman ini akan menumbuhkan kepada kita satu sifat yang mulia yaitu  berbaik sangka kepada Allah SWT.

Allah – zat Nya baik, nama-Nya baik, sifat Nya baik, perbuatan-Nya baik

Barang siapa yang ma’rifat kepada Allah, maka dia akan menghilangkan buruk sangka kepada Allah. Semua perbuatan Allah ada hikmahnya.

Makna Tasbih

Mengandung pilar agung diantara pilar tauhid. Belum dikatakan beriman bila kita tidak bertasbih kepada Allah. Tasbih mensucikan sifat kekurangan dari Allah.

Tasbih dari kata sabhu yang artinya jauh. Jadi ketika kita mengatakan subhanallah maka kita menjauhkan hati dan pikiran dari pemikiran dan persangkaan yang tidak baik kepada Allah dan membersihkan aib yang disandarkan kepada-Nya.

23: 91 – Allah sekali-kali tidak mempunyai anak dan sekali-kali tidak ada Tuhan yang lain selain-Nya. Bila ada Tuhan selain Allah, maka masing-masing akan membawa ciptaannya. ... Maha suci Allah dari apa yang mereka sifatkan.

59: 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!