Jumat, 07 Februari 2020

Allah memberikan amanat kepada kita - Nouman Ali Khan


۞ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. An=Nisa, 4: 58)

Cara Allah membuka perintah ini perlu menjadi perhatian. 

Orang yang punya SIM berarti mendapat amanat untuk mematuhi aturan lalu lintas. Pemerintah tidak selalu bisa mengawasi pengemudi mematuhi peraturan lalu lintas. Yang harus diingat bahwa amanat itu juga merupakan amanat yang Allah berikan. 

Jangan bermalas-malasan dalam bekerja karena melihat rekan kerja yang lain bermalas-malasan. Kita sebagai karyawan atau pegawai sudah ada kontrak yang ditandatangani. 

Para pelajar dan mahasiswa harus menyadari bahwa mereka menerima amanat untuk belajar dengan baik. 

Jangan melakukan sesuatu karena takut kepada seseorang, tapi takutlah kepada Allah:

فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِي
... Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku (saja)... (Q.S. Al-Baqarah, 2: 150)

Jangan ceritakan rahasia orang lain yang dia percayakan kepada Anda.

Amanat terbesar yang Allah berikan kepada manusia adalah Qur'an. 

Allah tidak segera menghukum orang yang mengabaikan amanat. Contoh anak yang menulis di meja sekolahnya. Ingat Allah selalu bersama kita:

مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَىٰ ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ إِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَا أَدْنَىٰ مِنْ ذَٰلِكَ وَلَا أَكْثَرَ إِلَّا هُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا كَانُو
...Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dialah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada... (Q.S. Al-Mujadilah, 58: 7)


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (Q.S. Al-Anfal, 8: 27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!