Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Bagaimana Menjaga Diri Anda Tetap Dingin Selama Musim Panas

Di saat musim panas atau saat suhu udara sedang tinggi-tingginya, menjaga diri Anda agar tetap dingin itu penting agar Anda tetap merasa nyaman dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Menjaga diri agar tetap dingin juga bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh kita tetap normal di saat musim panas, sehingga dapat mencegah masalah kesehatan yang dapat timbul karena udara panas, misalnya dehidrasi dan heat stroke. Untuk menjaga diri Anda tetap dingin selama musim panas, simak beberapa tips berikut ini.

 

1.     Gunakan air cooler

Menggunakan air cooler di ruangan selama musim panas dapat membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi tetap sejuk dengan kelembaban udara yang selalu terjaga. Anda dapat menyesuaikan tingkat kecepatan kipas angin pada air cooler sesuai dengan kebutuhan Anda. Tambahkan ice pack pada tangki air cooler untuk menambah kesejukan udara. Air cooler juga lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan AC. Berikut rekomendasi air cooler dari BestSpy untuk Anda!

 

2.     Sedia kipas angin portabel

Saat berada di dalam ruangan, sangat mudah untuk mengatur udara agar tetap dingin selama musim panas dengan menggunakan kipas angin, AC atau air cooler. Tetapi bagaimana jika berada di luar ruangan? Saat musim panas datang, siapkan kipas angin mini atau kipas angin portabel yang dapat Anda bawa kemana saja. Anda juga dapat menggunakan kipas angin mini di rumah saat memerlukan kesejukan ekstra atau saat AC di rumah tidak cukup untuk mendinginkan udara.

 

3.     Usahakan berada di ruangan ber-AC

Ruangan yang ber-AC sangat berguna untuk mendinginkan udara, terutama di saat musim panas. Namun, Anda perlu hati-hati. Memakai AC 24 jam sehari di rumah juga dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak.

 

4.     Konsumsi air minum yang cukup

Perhatikan asupan air minum saat musim panas. Udara panas dapat menyebabkan tubuh kita mudah mengalami dehidrasi. Mengonsumsi air minum paling tidak 8 gelas sehari dapat mencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh agar lebih dingin dan segar.

 

5.     Memakai baju yang longgar dan berwarna terang

Untuk menjaga tubuh agar tetap dingin di musim panas, perhatikan juga jenis pakaian yang Anda pakai. Saat musim panas, sebaiknya pakailah baju yang lebih longgar dengan jenis kain yang lembut dan dapat menyerap keringat. Saat berada di luar ruangan, disarankan untuk memakai pakaian yang berwarna terang agar dapat memantulkan cahaya matahari. Pakaian yang berwarna hitam atau gelap dapat lebih mudah menyerap sinar matahari sehingga tubuh menjadi terasa lebih panas saat memakainya.

 

6.     Pilihlah tempat yang ber-AC saat jalan-jalan

Meskipun Anda lebih menyukai jalan-jalan dengan suasana outdoor, sebaiknya saat musim panas pilihlah tempat yang ber-AC untuk tujuan jalan-jalan, untuk menjaga tubuh tetap dingin. Anda dapat memilih untuk jalan-jalan di mall, bioskop, wahana bermain indoor, atau tempat lainnya yang memiliki AC dibandingkan dengan tempat outdoor seperti pantai atau area outbond.

 

7.     Mandi lebih sering dengan menggunakan air dingin

Saat musim panas, Anda dapat mandi lebih sering dengan air dingin untuk menjaga tubuh agar tetap dingin dan segar. Mandi lebih sering juga dapat mencegah masalah kulit yang disebabkan keringat yang berlebihan saat suhu udara panas.

 

8.     Menggunakan face mist yang disimpan di lemari es

Salah satu cara cepat untuk menjaga diri tetap dingin dalam udara yang panas adalah dengan menyemprot wajah Anda dengan cairan penyegar wajah atau face mist. Face mist dapat berupa air mawar atau cairan lain yang dapat menyegarkan kulit wajah seketika. Saat musim panas, simpanlah face mist di lemari es. Saat udara terasa panas atau saat Anda memerlukan kesegaran, semprotkan face mist dingin pada wajah agar dingin dan segar seketika.

 

9.     Siapkan kudapan buah dingin

Saat musim panas, ganti cemilan Anda dengan buah-buahan segar yang disimpan di lemari es. Mengkonsumsi buah dingin sebagai cemilan selain akan menutrisi tubuh Anda agar tetap segar, juga dapat membuat suhu tubuh tetap dingin saat musim panas.

 

Lakukan beberapa dari 9 cara mudah di atas untuk melindungi tubuh Anda dari panasnya udara saat musim panas. Jangan lupa untuk menghindari berada di luar ruangan saat udara sedang panas-panasnya. Perhatikan juga anggota keluarga Anda yang rawan untuk mengalami dehidrasi, misalnya anak-anak dan orang tua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan