Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Hikmah Tahun Baru Hijriah - Abdullah Haidir

  • Muharram ditetapkan sebagai awal tahun karena dia setelah bulan Zulhijjah yang merupakan puncak dari amalan seorang Muslim yaitu Haji.
  • Hikmah diambilnya Hijrah:
    •  Hijrah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dakwah di Mekah. Ini menggambarkan agenda dakwah yang tidak boleh berhenti. Dalam kesempitan tersebut Allah berikan jalan. Dakwah ini ada Tuhan yang melindunginya. 
      • jangan sampai terjadi jalannya lurus tapi tidak mau jalan
    • Dakwah harus selalu berkembang, dinamis, adaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada. Beliau tidak mau terjebak dengan kesulitan. Beliau mencari solusi terhadap masalah. Jangan terjebak dalam jumud. Muslim harus siap berubah. 
    • Hubungan dengan Allah tidak boleh berkurang. Jangan sampai kesibukan menghalangi kedekatan dengan Allah SWT. Ingat kisah Rasulullah dan Abu Bakar di dalam gua Tsur (9: 40). Sama dengan ucapan Musa ketika akan terkejar oleh Fir'aun (26: 62). Hal ini tidak menafikan perencanaan. Ketika perencanaan tidak sesuai dengan realita, tidak membuat kita putus asa. Ada Nabi yang pengikutnya cuma satu orang. 
Tanya - Jawab:
  • Ukuran kesuksesan dalam dakwah dapat dilihat dalam 61: 10-12, tapi hal ini tidak menafikan perencanaan. 
  • Kemenangan adalah ketika kita konsisten, ketika kita masuk surga
  • Kemenangan duniawi tidak diabaikan, itu juga kegembiraan bagi kaum Muslimin. Tapi jangan sampai itu melupakan kita dari hal yang lebih substantif. 

Kiprah beliau:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan