Ketika bermasalah dengan Autentikasi Multifaktor (MFA)

Gambar
  Saat mau masuk ke situs my.JH , saya kaget karena ada peringatan kewaspadaan (emergency alert). Saya diminta untuk memberi persetujuan masuknya saya ke situs diatas melalui aplikasi android Microsoft Authenticator . Rupanya akun saya di aplikasi tersebut tidak terpasang. Setelah saya ingat-ingat rupanya hal itu terjadi setelah saya memutuskan hubungan antara akun di laptop saya dengan akun kampus.  Saya jadi kebingungan karena untuk bisa membuat akun baru di Microsoft Authenticator, saya harus masuk melalui aplikasi tersebut, padahal saya tidak punya akses ke aplikasi tersebut. Untungnya Johns Hopkins punya halaman khusus terkait masalah tersebut yaitu: Help for Login and MFA Problems (jh.edu) Setelah mengikuti langkah-langkah yang ada di halaman tersebut, saya dapat menyelesaikan masalah akses tersebut. Setelah berhasil masuk, saya menambahkan cara autentikasi selain menggunakan aplikasi android diatas, juga bisa menggunakan teks yang dikirim ke telepon genggam. 

e-Meterai

Pada waktu mau menandatangani Pakta Integritas, saya harus membubuhkan meterai 10.000 terlebih dahulu. Karena saya malas untuk keluar rumah, terlintar pikiran: apakah sudah tersedia meterai elektronik.

Saya lalu mengetikkan kata "meterai elektronik" di mesin pencari Google. Ternyata sudah ada situs resmi untuk meterai elektronik yaitu:

Beranda || e-Meterai

Kita harus membuat akun terlebih dahulu. Dengan jalan mengunggah KTP serta mengisi formulir. Setelah memiliki akun, kita masuk ke dalam platform tersebut, lalu melakukan pembelian meterai. Untuk cara pembayarannya bisa menggunakan transfer bank atau pakai QRIS. Saya mencoba membayar meterai yang dibeli menggunakan QRIS, sayang gagal.

Setelah membayar pakai transfer bank, saya bisa membubuhkan meterai pada surat yang sudah disiapkan dalam bentuk PDF.

Dokumen yang sudah diberi meterai tidak bisa diedit lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

3 Penyebab Isra' Mi'raj