Menyendiri di Akhir Hidup: Pelajaran dari Jepang dan Implikasinya untuk Kapuas

Gambar
  Pendahuluan: Saat membaca salah satu subyek email dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health – Global Health Now yang berjudul “Dying Alone in Japan”, saya langsung membuka email tersebut dan mencari tautan untuk membaca artikelnya. Rupanya artikel ini dari The Guardian ( Life at the heart of Japan’s lonely deaths epidemic: ‘I would be lying if I said I wasn’t worried’ | Japan | The Guardian ). Sedih juga membacanya, bagaimana begitu banyak orang tua di Jepang yang meninggal dalam keadaan tidak ditemani oleh siapa pun. Bahkan ada yang tetangganya baru mengetahui yang bersangkutan meninggal setelah lima bulan. Hal ini mengingatkan penulis saat tinggal di barak di Kelvin Grove Road, Brisbane, Australia. Di samping barak yang penulis tempati, ada seorang nenek. Setiap hari nenek tersebut dikunjungi oleh seorang kakek yang sering mengetuk pintu kamarnya, kemudian menanyakan bagaimana kabarnya. Setelah penulis baca-baca tentang kehidupan di Australia, ternyata kakek tersebut mel

Aktif memperbaiki hubungan diantara manusia


 وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا

Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 9)

وَلَا تَجْعَلُوا اللَّهَ عُرْضَةً لِّأَيْمَانِكُمْ أَن تَبَرُّوا وَتَتَّقُوا وَتُصْلِحُوا بَيْنَ النَّاسِ

Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. ... (Q.S. Al Baqarah, 2: 224)

ا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. ... (Q.S. An Nisa, 4: 114)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa apakah kamu mau mengetahui suatu amal yang lebih baik daripada sedekah, shalat dan puasa? Yaitu menyatukan dua orang kembali. 

Kisah ketika Rasulullah mengatakan bahwa Hasan akan menjadi pemimpin karena dia akan melakukan "rekonsiliasi" dua kelompok kaum Muslimin.

Rasulullah pernah menunda shalat Zuhur ketika beliau melakukan "rekonsiliasi" antara dua kelompok orang Quba yang melakukan permusuhan. Penundaan shalat ini hanya terjadi selama 10 tahun ketika beliau berada di Madinah. 

Dalam Sahih Bukhari digambarkan pertengkaran antara Fathimah dan Ali. Rasulullah menemukan Ali tidur di masjid. "Bangun ya Abu Turab". Lalu merukunkan mereka kembali.

Insiden Barirah and Mughits

Rasulullah bersabda: Tidak disebut dusta ketika kamu menyebutkan sesuatu yang memperbaiki hubungan diantara manusia. 

Ulama mengatakan bahwa Allah mengizinkan ucapan yang tidak benar untuk memperbaiki hubungan diantara manusia; dan Allah membenci ucapan yang benar yang memutuskan hubungan diantara manusia. 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 10)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan