Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Aktif memperbaiki hubungan diantara manusia


 وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا

Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 9)

وَلَا تَجْعَلُوا اللَّهَ عُرْضَةً لِّأَيْمَانِكُمْ أَن تَبَرُّوا وَتَتَّقُوا وَتُصْلِحُوا بَيْنَ النَّاسِ

Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. ... (Q.S. Al Baqarah, 2: 224)

ا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. ... (Q.S. An Nisa, 4: 114)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa apakah kamu mau mengetahui suatu amal yang lebih baik daripada sedekah, shalat dan puasa? Yaitu menyatukan dua orang kembali. 

Kisah ketika Rasulullah mengatakan bahwa Hasan akan menjadi pemimpin karena dia akan melakukan "rekonsiliasi" dua kelompok kaum Muslimin.

Rasulullah pernah menunda shalat Zuhur ketika beliau melakukan "rekonsiliasi" antara dua kelompok orang Quba yang melakukan permusuhan. Penundaan shalat ini hanya terjadi selama 10 tahun ketika beliau berada di Madinah. 

Dalam Sahih Bukhari digambarkan pertengkaran antara Fathimah dan Ali. Rasulullah menemukan Ali tidur di masjid. "Bangun ya Abu Turab". Lalu merukunkan mereka kembali.

Insiden Barirah and Mughits

Rasulullah bersabda: Tidak disebut dusta ketika kamu menyebutkan sesuatu yang memperbaiki hubungan diantara manusia. 

Ulama mengatakan bahwa Allah mengizinkan ucapan yang tidak benar untuk memperbaiki hubungan diantara manusia; dan Allah membenci ucapan yang benar yang memutuskan hubungan diantara manusia. 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 10)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan