Konsolidasi Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSAD) 2024

Gambar
  Pada hari Kamis, 25 April 2024 bertempat di Hotel Santika dilaksanakan Konsolidasi ARSADA - RSD Se-Indonesia dengan tema Strategi Pelayanan Farmasi dan Regulasi Pajak di Rumah Sakit Daerah. Dr. dr. Slamet Riyadi menyampaikan sambutan dari ARSADA tentang berbagai asumsi yang harus diantisipasi sebagai berikut: 1. Pemerintahan Baru. Potensi dampaknya kepada rumah sakit daerah. Kepala daerah baru (periode baru) DPRD Baru (periode baru) Posisi / kedudukan direktur rumsah sakit daerah Hubungan Pemda dengan rumah sakit daerah Kebijakan Pemda tentang uang, sarana prasarana dan sumber daya manusia Konsistensi pelaksanaan BLU/BLUD 2. Kefarmasian. Kepmenkes HK.01.07/Menkes/503/2024. Nilai klaim harga obat program rujuk balik; obat penyakit kronis di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut, obat kemoterapi, dan obat alteplase. Potensi dampak kepada rumah sakit daerah: Output: Mutu Layanan Kefarmasian meningkat Konsolidasi katalog elektronik sektoral kementerian kesehatan Penataan formulari

Aktif memperbaiki hubungan diantara manusia


 وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا

Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 9)

وَلَا تَجْعَلُوا اللَّهَ عُرْضَةً لِّأَيْمَانِكُمْ أَن تَبَرُّوا وَتَتَّقُوا وَتُصْلِحُوا بَيْنَ النَّاسِ

Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. ... (Q.S. Al Baqarah, 2: 224)

ا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. ... (Q.S. An Nisa, 4: 114)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa apakah kamu mau mengetahui suatu amal yang lebih baik daripada sedekah, shalat dan puasa? Yaitu menyatukan dua orang kembali. 

Kisah ketika Rasulullah mengatakan bahwa Hasan akan menjadi pemimpin karena dia akan melakukan "rekonsiliasi" dua kelompok kaum Muslimin.

Rasulullah pernah menunda shalat Zuhur ketika beliau melakukan "rekonsiliasi" antara dua kelompok orang Quba yang melakukan permusuhan. Penundaan shalat ini hanya terjadi selama 10 tahun ketika beliau berada di Madinah. 

Dalam Sahih Bukhari digambarkan pertengkaran antara Fathimah dan Ali. Rasulullah menemukan Ali tidur di masjid. "Bangun ya Abu Turab". Lalu merukunkan mereka kembali.

Insiden Barirah and Mughits

Rasulullah bersabda: Tidak disebut dusta ketika kamu menyebutkan sesuatu yang memperbaiki hubungan diantara manusia. 

Ulama mengatakan bahwa Allah mengizinkan ucapan yang tidak benar untuk memperbaiki hubungan diantara manusia; dan Allah membenci ucapan yang benar yang memutuskan hubungan diantara manusia. 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 10)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan