Know Your Lemons sudah membantu upaya deteksi dini penyakit tidak menular di Indonesia

Gambar
  Terhitung sejak bulan Mei 2022, sudah lebih dari 1.000 orang yang mendapatkan penyuluhan tentang deteksi dini kanker payudara menggunakan metode Know Your Lemons .  Saat ini di Indonesia sudah ada dua orang Certified Know Your Lemons Global Educators yaitu: Jum'atil Fajar di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah Zahrin Afina, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah Untuk menjadi penyuluh di Know Your Lemons, Anda harus mengisi formulir aplikasi dulu. Setelah itu Anda akan dihubungi oleh community manager  melalui email. Mereka akan menanyakan latar belakang Anda ingin terlibat. Setelah itu anda akan diminta untuk mengikuti mengikuti kursus online. Bila Anda lulus dari kursus tersebut, maka akan akan menjalani masa orientasi. Setelah itu Anda akan dimasukkan dalam daftar Know Your Lemons Global Educators .  Meskipun sekarang pemeriksaan payudara sendiri dinilai tidak berpengaruh terhadap penemuan kanker payudara secara dini, American Cancer Society tetap merekomendasikan agar para wanita me

Aktif memperbaiki hubungan diantara manusia


 وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا

Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 9)

وَلَا تَجْعَلُوا اللَّهَ عُرْضَةً لِّأَيْمَانِكُمْ أَن تَبَرُّوا وَتَتَّقُوا وَتُصْلِحُوا بَيْنَ النَّاسِ

Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. ... (Q.S. Al Baqarah, 2: 224)

ا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. ... (Q.S. An Nisa, 4: 114)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa apakah kamu mau mengetahui suatu amal yang lebih baik daripada sedekah, shalat dan puasa? Yaitu menyatukan dua orang kembali. 

Kisah ketika Rasulullah mengatakan bahwa Hasan akan menjadi pemimpin karena dia akan melakukan "rekonsiliasi" dua kelompok kaum Muslimin.

Rasulullah pernah menunda shalat Zuhur ketika beliau melakukan "rekonsiliasi" antara dua kelompok orang Quba yang melakukan permusuhan. Penundaan shalat ini hanya terjadi selama 10 tahun ketika beliau berada di Madinah. 

Dalam Sahih Bukhari digambarkan pertengkaran antara Fathimah dan Ali. Rasulullah menemukan Ali tidur di masjid. "Bangun ya Abu Turab". Lalu merukunkan mereka kembali.

Insiden Barirah and Mughits

Rasulullah bersabda: Tidak disebut dusta ketika kamu menyebutkan sesuatu yang memperbaiki hubungan diantara manusia. 

Ulama mengatakan bahwa Allah mengizinkan ucapan yang tidak benar untuk memperbaiki hubungan diantara manusia; dan Allah membenci ucapan yang benar yang memutuskan hubungan diantara manusia. 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu ... (Q.S. Al Hujurat, 49: 10)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

3 Penyebab Isra' Mi'raj