Khutbah Idul Adha: Memahami Nilai-Nilai Iman dan Pengorbanan

Gambar
Pendahuluan Marilah kita senantiasa bersyukur dan mengucapkan puja-puji setinggi-tingginya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Kita masih diberi nikmat iman dan Islam, kesehatan, serta kesempatan untuk melaksanakan berbagai ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, termasuk melaksanakan salat Idul Adha pada pagi hari ini, 10 Zulhijah 1445 Hijriah. Wajah-wajah mukmin tampak bersinar cerah, berseri jiwanya damai dan tenteram, diliputi perasaan bahagia dan syukur yang tinggi. Selawat dan salam kita haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam, manusia mulia dan nabi terakhir yang dipilih oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menjadi teladan bagi seluruh umat manusia sepanjang masa. Makna Takbir dan Talbiyah Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Lailahaillallah wallahu Akbar, Allahu Akbar walillahilhamd. Allah Maha Besar, Allah Maha Agung, tiada Tuhan selain Allah. Segala puji dan syukur hanya teruntuk bagi Allah S

Pelajaran dari Perang Rusia - Ukraina bagi perjuangan Palestina

 


Pagi ini, Rabu, 28 September 2022 saat menonton CNN Indonesia yang menampilkan banyaknya warga Rusia yang meninggalkan negaranya karena tidak mau dilibatkan dalam perang antara Rusia dan Ukraina.

Terlintas dalam pikiran saya, bahwa dukungan Barat terhadap Ukraina berbuah manis. Masyarakat Ukraina memiliki semangat yang tinggi untuk mempertahankan negara mereka dari gempuran Rusia. Mereka juga mendapatkan dukungan senjata canggih dari Barat. Seluruh negara di sekitar mereka memberikan dukungan bagi mereka dalam melawan Rusia. Berbagai negara Barat menerapkan sangsi terhadap Rusia.

Saya membayangkan bila seluruh negara Islam di seluruh dunia melakukan hal yang sama terhadap Palestina. Bangsa Palestina memiliki semangat yang besar dalam memperjuangkan negaranya. Saya juga membayangkan kalau negara-negara Islam di sekitar Israel dan Palestina memberikan sangsi terhadap Israel, tentu mereka tidak akan merasa aman berada di sana. Apalagi kalau Palestina didukung dengan peralatan militer yang canggih yang dimiliki oleh negara-negara Islam. Tentu posisi mereka sekarang akan bisa seperti Ukraina.

Mudah-mudahan akan ada pemimpin Islam yang bisa mewujudkan impian diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan