Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Bukti kecintaan Rasulullah SAW kepada umatnya - Ustadz Rahmat Hidayat (Guru Dayat)

 

Pada hari Senin, 2 Oktober 2023 bertempat di Langgar Al-Inayah dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ceramah disampaikan oleh Ustadz Rahmat Hidayat (Guru Dayat). `Beliau menyampaikan bahwa apa yang disampaikan dalam Maulid Habsyi sebenarnya sangat lengkap. Tapi karena dalam bahasa Arab, maka para pendengar umumnya cuma menikmati merdunya suara penyanyi saja.

Beliau bercerita tentang Gur Bawai dari Marabahan yang dalam usia 29 tahun sudah menjadi guru yang sangat dimuliakan. Jadi kata beliau, seseorang itu dimuliakan bukan karena usia, tapi karena ilmu. 

 يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ

... niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ... (Q.S. Al-Mujadilah, 58: 11)

Mata dijadikan Allah sebagai alat untuk melihat. Telinga dijadikan Allah sebagai alat untuk mendengar. Mulut dijadikan Allah sebagai alat untuk berbicara. 

Kata Guru Sekumpul - kalau orang sudah disebut sebagai Guru maka baginya tidak ada dosa kecil, tapi dosa besar. Jadi berat menjadi Guru itu.

Sudah betulkah kecintaan kita terhadap Rasulullah. Pernyataan di mulut tidak ada artinya kalau tidak ada buktinya. 

Mau menunjukkan kemauan untuk Haji. Buktinya dengan Tabungan Haji. Seminggu seribu, sepuluh ribu, bila Allah berkehendak, ada saja jalannya. 

Rasulullah adalah Nabi Allah, kekasih Allah. Beliau tidak menghiraukan diri beliau, beliau lebih mengutamakan keadaan umat beliau. 

Ya Allah, hidupkanlah Aku dalam keadaan miskin, buat aku bergaul dengan orang-orang miskin dan kumpulkan Aku kembali dengan orang-orang miskin.

Sarapan Rasulullah hanya air putih dengan 3 buah kurma. 

Bila suatu makanan akan mendatangkan mudharat. Yakinlah bahwa itu dari Allah. Baca do'a:

Dengan nama Allah, tidak ada yang memberi mudharat dengan nama-Nya apa yang ada di bumi dan di langit .....

Tapi kalau tekanan darah tinggi, boleh makan daging tapi jangan banyak.

Rasulullah tidak ingin ada umatnya yang masuk neraka.

Saat Rasulullah bersama keluarganya (Bani Hasyim) di boikot, para sahabat menyarankan untuk hijrah. Tapi beliau menunggu perintah Allah untuk hijrah. Ketika diizinkan hijrah, beliau menyuruh para sahabatnya untuk hijrah lebih dulu. 

Beliau menceritakan tentang bagaimana Rasulullah di datangi oleh Izrail. Beliau juga menyinggung masalah Maulid yang disebut sebagai bid'ah.

K.H. Ahmad Dahlan ketika mengimami K.H. Hasyim Asy'ari beliau baca Qunut. K.H. Hasyim Asy'ari saat mengimami K.H. Ahmad Dahlan beliau tidak baca Qunut.

Beliau menyampaikan kisah perbedaan pendapat Imam Malik dan Imam Syafi'i tentang masalah rezeki. Imam Malik menyatakan bahwa bila Allah menghendaki, orang akan mendapatkan rezekinya meskipun tidak berusaha. Imam Syafi'i berpendapat sebaliknya. Saat Imam Syafi'i ikut bekerja memetik kurma, beliau mendapatkan kurma. Kemudian beliau memberikan kurma tersebut kepada gurunya. Yang satu dapat kurma karena bekerja, yang satu dapat kurma tanpa bekerja.

Allah mencintai Muslim yang kuat. 

Tidak ada yang memberikan manfaat dan mudharat kecuali Allah. Tidak ada yang mengayakan dan tidak ada yang memiskinkan kecuali Allah. Tidak dapat bergerak kecuali atas izin Allah. 

Beliau menceritakan tentang Usamah bin Laden yang tidak takut dengan serangan senjata, mereka merasa sedang berada di taman-taman surga. 

Manusia berasal dari sperma --> darah --> daging. Ini menunjukkan Allah bersifat hidup. Rambut tumbuh, beruban. 

Nasehat Rasulullah sebelum meninggal: jaga shalat, jaga wanita, umatku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan