Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Belajar Python dengan Karel the Robot

 

Di era digital ini, belajar pemrograman telah menjadi salah satu keterampilan yang sangat berharga, tidak hanya bagi mereka yang berkecimpung di bidang teknologi, tetapi juga untuk berbagai profesi lainnya. Salah satu cara menarik dan efektif untuk mempelajari bahasa pemrograman Python adalah melalui penggunaan Karel the Robot. Ini adalah pendekatan yang diambil oleh Bapak Jum'atil, seorang profesional medis yang juga memiliki ketertarikan yang kuat terhadap teknologi dan kecerdasan buatan.

Karel the Robot merupakan sebuah alat pendidikan yang dirancang untuk memperkenalkan konsep-konsep pemrograman kepada pemula tanpa membebani mereka dengan kompleksitas sintaks pemrograman di awal. Melalui Karel, pengguna dapat mempelajari logika dasar pemrograman, struktur kontrol, dan pemecahan masalah secara intuitif. Karel melakukan ini dengan menyederhanakan pemrograman ke dalam tugas-tugas dasar seperti bergerak maju, belok, dan mengambil objek di sebuah dunia virtual.

Bapak Jum'atil menggunakan Karel the Robot sebagai langkah awal untuk mempelajari Python, sebuah bahasa pemrograman yang kuat dan fleksibel yang digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari pengembangan web hingga ilmu data dan pembelajaran mesin. Dengan mengambil pendekatan praktis ini, beliau tidak hanya memperkaya keterampilan pemrogramannya tetapi juga menyiapkan diri untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam praktik medis, khususnya dalam pengembangan rekam medik elektronik.

Penggunaan Karel the Robot oleh Bapak Jum'atil menunjukkan bagaimana pembelajaran pemrograman dapat diakses oleh siapa saja, terlepas dari latar belakang profesional mereka. Ini membuktikan bahwa dengan alat yang tepat dan pendekatan yang sesuai, belajar bahasa pemrograman seperti Python dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut:

Code in Place (stanford.edu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan