Setengah jalan menuju 1000 orang @knowyourlemons

Gambar
  Setelah mengajar belasan kelas, akhirnya lebih dari 500 orang sudah mendapatkan informasi terkait deteksi dini kanker payudara menggunakan metode "Know Your Lemons".  Sejak kegiatan penyuluhan di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021, sudah mulai digunakan kartu pos yang berisi 12 tanda / gejala kanker payudara dalam bahasa Indonesia. Pencapaian diatas sangat terbantu dengan adanya kegiatan pembentukan Dharma Wanita Persatuan di seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas dimana saya memberi penyuluhan di dalamnya terkait deteksi dini kanker payudara. Diharapkan ke depan, berbagai kegiatan yasinan, siswi sekolah menengah tingkat atas serta karyawati perusahaan dapat dijangkau. @knowyourlemons

Nasehat Emas Syeik Ibn Baaz untuk Ramadhan

Diterjemahkan oleh: Jum'atil Fajar

Pertanyaan: Apa nasehat anda bagi kaum Muslimin di bulan Ramadhan?

Jawab: Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, semoga shalawat dan salam tertuju kepada Nabi SAW, keluarga, sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti petunjuknya. Amma ba’du:

Memasuki bulan Ramadhan ini, Saya menasehatkan saudara-saudaraku se-Islam dimana sana untuk bertakwa kepada Allah, Yang Maha Kuasa; berlomba melakukan kebaikan; memberi nasehat dengan ikhlas dan bersabar dengan nasehat; membantu satu sama lain dalam kebaikan dan takwa; berhati-hati terhadap dosa yang telah dilarang Allah, dimanapun dia berada, terutama selama bulan suci ini – karena ini adalah bulan yang mulia, didalamnya terdapat ganjaran yang berlipat ganda.

Kesalahan (dosa-dosa) dimaafkan selama bulan ini, bagi mereka yang berpuasa dan mengerjakan shalat-shalat sunnah dengan keikhlasan dan mengharapkan pahala dari Allah SWT.


Nabi SAW bersabda:

Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, dengan penuh keikhlasan dan mengharapkan ganjaran dari Allah, maka seluruh dosanya yang lalu akan diampuni.

Nabi SAW juga bersabda:

Saat bulan Ramadhan dimulai, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka di tutup dan setan-setan dibelenggu.

Nabi SAW juga bersabda:

Puasa adalah perisai dari api neraka dan dari perbuatan dosa. Jika salah seorang dari kamu berpuasa, dia harus menghindari hubungan seksual dengan istrinya dan bertengkar, dan jika seseorang ingin bertengkar dengannya, dia harus berkata, “Saya sedang puasa”.

Nabi SAW juga berkata (dengan otoritas dari Allah):

Seluruh amal anak Adam adalah untuk dirinya sendiri; sebuah perbuatan baik diganjar sepuluh kali lipat kecuali puasa, puasa untuk-Ku, dan Aku akan memberikan ganjarannya. Dia meninggalkan hawa nafsunya, makanannya, minumannya demi Aku. Ada dua kesenangan bagi orang yang berbuka, pertama saat berbuka puasa, dan kedua saat dia menemui Tuhannya. Bau tidak menyenangkan yang berasal dari mulut seseorang yang berpuasa lebih harum bagi Allah dibandingkan dengan bau musk.

Nabi SAW biasa mengumumkan berita baik tentang kedatangan bulan Ramadhan kepada para sahabatnya, dan akan mengatakan kepada mereka:

Bulan Ramadhan sudah datang kepadamu. Ini adalah bulan Rahmat. Selama sebulan ini, Allah menurunkan rahmat, kesalahan diampuni, doa dikabulkan dan Allah memujimu dihadapan malaikat-Nya, jadi tunjukkan kepada Allah amal baikmu. Karena sesungguhnya orang yang tidak beruntung adalah orang yang dihalangi dari rahmat Allah.

Nabi SAW bersabda:

Seseorang yang tidak meninggalkan pembicaraan dan perbuatan yang tidak baik, maka Allah tidak memerlukan lapar dan hausnya (puasanya).

Dan riwayat seperti itu sehubungan dengan superioritas Ramadhan dan berlomba untuk meningkatkan kebaikan di dalamnya, sangat banyak.

Oleh karena itu, Saya menasehati saudara Muslimku untuk tulus dan berbuat baik selama siang dan malam, dan berlomba untuk melakukan kebaikan. Dan diatara amal-amal baik tersebut adalah: meningkatkan bacaan Qur’an dengan pengertian dan perenungan. Dan meningkatkan membaca Subhanallah, Alhamdulillah, La ilahaa illallah, Allahu Akbar dan memohon ampunan dari Allah (Astaghfirullah), dan meminta surga, meminta perlindungan dari api neraka dan do’a-do’a yang baik lainnya.

Saya juga menasehati saudara-saudara Muslim utnuk meningkatkan pemberian sedekah selama bulan ini; untuk membahagiakan orang miskin; melakukan berbagai upaya untuk mengambil Zakat (dari kekayaan seseorang) dan mendistribusikannya kepada orang yang berhak menerimanya; melakukan berbagai upaya mengajak pada jalan Allah SWT dan mengajak mereka yang tidak dekat dengan Islam; memerintahkan kebaikan dan melarang kemungkaran dengan cara yang baik dan kebijaksanaan; mengingatkan terhadap keburukan dan segera bertaubat, mengacu pada firman Allah:

…. Dan kalian semua meminta kepada Allah untuk mengampunimu, wahai orang-orang yang beriman, mudah-mudahan engkau adalah orang yang berhasil (Q.S. An Nur, 24: 31)

Dan firman Allah:

Sesungguhnya orang-orang yang berkata: “Tuhan kami adalah Allah, dan istiqamah, mereka tidak akan merasa takut, tidak berduka cita. Mereka akan menjadi penghuni surga, kekal di dalamnya – pahala terhadap apa yang biasa mereka lakukan (Q.S. Al Ahqaf, ayat 13-14)

Semoga Allah memberikan keberhasilan kepada orang-orang yang menyenangkan-Nya dan melindungi setiap orang dari godaan yang menyesatkan dan semua rayuan setan. Sesungguhnya Allah Maha Pemurah dan Penyayang.

Shaykh 'Ibn Baaz
Fataawa Ramadhaan - Volume 1, Page 32, Fatwa No.7;
Majmoo' Fataawa Samaahatu as-Shaykh 'Abdul-'Azeez Ibn Baaz - Volume 3, Pages 147-148

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Surat Al-Baqarah ayat 21, 23-24 Day 9