Sabtu, 20 November 2010

Balai Benih Ikan

Plang Balai Benih Ikan Sei Batang
Balai Benih Ikan (BBI) ini terletak di Jalan Garuda No. 01, Sei Batang, Kuala Kapuas. BBI ini berada dibawah Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas. Sesuai dengan namanya, balai ini melakukan proses pembenihan ikan yang dimulai dari membesarkan berbagai macam ikan, diantaranya patin, nila dan lele. Setelah ikan-ikan itu besar lalu dikawinkan. Setelah dikawinkan, mereka akan dipindahkan ke tempat penetasan (Indoor Hatchery).

Indoor Hatchery
Ditempat ini ada kolam yang diberi alas ijuk, tempat dimana ikan yang sudah bertelur itu meletakkan telurnya. Setelah ikan itu bertelur, maka induknya akan dipisahkan, kemudian telur tersebut akan menetas. Ketika baru menetas, bentuk mereka seperti larva, kemudian setelah agak besar menjadi seperti kecebong. Berbagai tahapan perkembangan ikan dapat disaksikan pada kolam-kolam ini. Setelah ikan tersebut cukup besar, maka mereka dipindahkan ke kolam yang ada di luar.

Kolam untuk ikan yang lebih besar
Setelah mereka besar, maka siklus yang tadi akan dimulai kembali.

Balai benih ini juga menyediakan tempat untuk memancing bagi masyarakat yang punya hobi memancing. Lokasi untuk memancing ini tersedia pada bagian paling depan dari balai benih ini. Ditempat ini disediakan tempat untuk duduk dengan naungan bagi para pemancing.

Pemancingan umum di balai benih iikan
Bagi yang suka memancing, tentu tempat ini sudah tidak asing lagi. Namun ketika admin mengunjungi tempat ini, balai benih ini sedang melakukan perbaikan. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai lahan praktek bagi Mahasiswa Perikanan dari Universitas Darwan Ali, Kabupaten Seruyan.