Kacang Dede: Oleh-Oleh Lezat dari Kapuas

Gambar
  Penulisan artikel ini dibantu oleh ChatGPT Saat saya mengunjungi Pameran Koperasi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalangkang dalam rangka Ulang Tahun Koperasi ke-77 dan Pertemuan Raya II Kaum Bapak Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Tahun 2024 se-Indonesia di Kuala Kapuas pada hari Kamis, 25 Juli 2024, saya mengunjungi beberapa stand yang ada di sana. Salah satu yang menjadi favorit adalah kacang di atas. Kacang Dede, produk lokal dari Kapuas, menarik perhatian saya dengan kemasannya yang sederhana namun menarik. Kacang ini diproduksi oleh UMKM setempat dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kapuas yang sangat populer. Kacang ini tidak hanya lezat tetapi juga diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi, terbukti dengan adanya sertifikasi P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) dengan nomor 216203010098-28. Kacang Dede ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, cocok dinikmati sebagai camilan sehari-hari atau sebagai pendamping

LBI Tingkat Provinsi Kalteng : Kapuas Juara Harapan I


Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diadakan pada Jum'at 19 Nopember 2010 bertempat di Aula LPMP Palangka Raya diikut oleh 13 (tiga belas) Kabupaten sementara Kota Palangka Raya tidak mengirimkan utusannya. Lomba dibagi dalam 2 (dua) golongan umur, yakni
- umur 6 - 24 bulan, dan
- umur 2 - 5 tahun.
pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Don FB Leidon, Sp.Og.,MMR memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba tersebut.

Kabupaten Kapuas dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengirimkan peserta dari kedua golongan umur, pada golongan umur 6 - 24 bulan diwakili oleh an.KRIS NANDA dari puskesmas Timpah dan golongan umur 2 - 4 tahun diwakili an.DELLA HUMAIRAH dari puskesmas Talekung Punai.
pada LBI Tk.Provinsi kali ini utusan dari Kapuas yakni Kris Nanda menjadi Juara Harapan I, sementara Della Huimara belum memperoleh juara. Berbeda pada LBI tahun 2009, utusan dari Kapuas memperoleh Juara I yakni Ahmad Marcello dari Puskesmas Lupak untuk golongan umur 6 - 24 bulan, tapi walaupun demikian wakil Kapuas patut berbangga dan termotivasi untuk kembali memperoleh juara pada tahum yang akan datang.

entri oleh : M.Hayat,SKM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan