Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Bincang-bincang dengan Andre - Muazin di berbagai langgar

Sore ini, setelah admin menyelesaikan shalat sunnah sebelum Ashar di Langgar Baiturrahman, Jalan Mahakam, muazin mengumandangkan Iqamah. Setelah itu dia mempersilahkan admin untuk menjadi imam, admin lalu bertanya, "Apa tidak ada lagi yang ditunggu?", karena yang ada di langgar itu cuma kami berdua. Dia lalu menjawab, "Tidak, biasanya yang shalat disini cuma saya sendiri saja".

Setelah selesai shalat dan wirid, admin mengajaknya berbincang-bincang. Siswa MAN Selat Tengah kelas II ini mengatakan bahwa sekarang dia rutin menjadi muazin di Langgar Hakat Mupakat yang ada di depan Kuburan Muslim, Jalan Ahmad Yani. Sejak anak bungsu dari pengurus langgar tersebut menikah, langgar tersebut tidak ada lagi yang mengayomi. Jadi dia menjadi muazin ditempat tersebut. Selain dikedua langgar tersebut, Andre juga pernah menjadi muazin di langgar Inayah untuk shalat Zuhur atau Ashar, tapi sejak langgar Inayah banyak jama'ah-nya dia tidak lagi mangkal disana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan