Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Bincang-bincang dengan Bapak I Made Sumartha - Kepala Dinas Pendidikan

Perbincangan ini berlangsung pada saat acara syukuran yang beliau adakan di rumahnya, di Jalan Tambun Bungai Gg. IV, Kuala Kapuas. Pelantikan beliau sebagai kepala dinas merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Bupati Kapuas, mengingat hal ini menghapuskan "image" selama ini yang menganggap bahwa staf ahli itu adalah "orang buangan". Pak Made bercerita bahwa dengan diangkatnya beliau menjadi staf ahli, beliau merasa mendapat kehormatan karena diangkat dari eselon III ke eselon II. Selama menjadi staf ahli beliau justru sangat sibuk, karena sering diminta oleh Bupati untuk mewakili beliau pada berbagai pertemuan. Bupati pernah berkomentar tentang staf ahli yang kurang aktif: bagaimana akan dikasih amanah kalau masuk kerja saja tidak aktif.

Beliau pernah mendapatkan pesan dari ketua BKKBN Kabupaten Kapuas yang lalu, yang menyatakan bahwa sebagai pendatang kita harus mengurangi tidur, karena perantau biasanya dianggap lebih berhasil dibandingkan dengan orang yang ada di kampung. Sejak dulu beliau sudah memulai kegiatan wiraswasta, mulai dari berjualan pakaian, alat-alat elektronik yang dibeli dari Banjarmasin kemudian dijual di Kapuas, sampai menjadi supir travel. Beliau sering mengantarkan penumpang ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Beliau akan berangkat jam 03.00 WIB dari Kapuas dan jam 06.30 WIB sudah masuk kerja.

Banyak kenalan yang beliau miliki dengan menjadi supir travel. Beliau mengkhususkan hari Jum'at dan hari Minggu untuk mengantarkan penumpang ke Pengajian Guru Sekumpul dan ke Kalampayan. Bahkan ada langganan yang maunya berangkat pengajian kalau diantar oleh beliau. Ada juga ibu-ibu yang tidak jadi berangkat pengajian di Sekumpul karena beliau tidak bisa mengantar. Orang-orang di Terminal Pal 6 pun banyak yang mengenal beliau.

Dengan berwiraswasta tersebut, beliau bisa menabung gaji yang beliau dan istri miliki, sehingga beliau mendapatkan panggilan dari Allah untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Sebagai kepala dinas yang baru, beliau memiliki visi untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun. Selain itu beliau akan mengupayakan agar kesejahteraan guru bisa meningkat, dengan mengupayakan sertifikasi guru sampai tahun 2013. Selain itu, beliau juga memiliki mimpi bagaimana jaringan pendidikan nasional (Jardiknas) bisa mencapai seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas. Dalam proses seleksi sebagai kepala dinas, beliau sempat menjalani "fit and proper test" untuk mengetahui visi dan misi beliau bila diangkat sebagai kepala dinas. Mari kita do'akan semoga beliau dimudahkan dalam menjalankan amanah ini. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan