Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas

Gambar
Kuala Kapuas, 5 April 2024 Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD PPNI Kab. Kapuas, pada Ramadhan 1445H tahun ini berbagi Berkah Ramadhan dengan Tema "Jum'at Berkah Ramadhan"  Kegiatan ini dihimpun dari sumbangan anggota PPNI dan beberapa donatur, jumlah yang dibagikan 1.400 item terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, nasi kotak dan takjil adapun sasaran ditahun ini, Rumah Singgah, Panti Asuhan, fakir miskin dan dhuafa. Foto, video dan tulisan merupakan kiriman Bapak M. Hipni

The Smoker's Body (2)

Lanjutan ...

3. Keriput. Merokok menyebabkan kulit menjadi tua secara prematur dengan jalan menyingkirkan protein yang memberinya elastisitas, mengurangi vitamin A dan menghalangi aliran darah. Kulit perokok kering, kasar dan terukir dengan garis-garis kecil, terutama diseputar bibir dan mata.


4. Kehilangan pendengaran. Karena merokok membuat gumpalan dalam dinding pembuluh darah, menurunkan aliran darah ke telinga dalam, perokok dapat kehilangan pendengaran mereka lebih dini dibandingkan dengan orang yang tidak merokok dan lebih rentan terhadap kehilangan pendengaran karena infeksi telinga atau suara yang keras. Perokok tiga kali lebih mungkin dibandingkan dengan bukan perokok untuk menderita infeksi telinga tengah.

5. Kanker. Lebih dari 40 bahan kimia dalam asap rokok telah ditunjukkan menyebabkan kanker. Perokok 20 kali lebih mungkin untuk menderita kanker paru-paru dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Merokok menyebabkan sekitar 90% dari kanker paru-paru pada pria dan 80% pada wanita (5a) dan merujuk pada beberapa penelitian, semakin lama seseorang merokok, semakin besar resikonya menderita kanker pada beberapa tempat, termasuk resiko berlipat dua untuk menderita kanker hidung dan rongga sekitar hidung (5b); kanker rongga mulut (5c) (4 sampai 5 kali); dua kali lipat resiko berkembangnya kanker nasofaring; oro dan hipofaring (4 sampai 5 kali); laring (10 kali); esofagus (2 sampai 5 kali); lambung (5d)(2); pankreas (5e)(2 sampai 4 kali) dan ginjal (5f). Beberapa penelitian terbaru juga menunjukkan adanya hubungan antara merokok berat dan kanker payudara (5g), dan berhenti merokok secara mendasar mengurangi resiko berbagai kanker yang berhubungan dengan merokok.

Bersambung ..........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan