Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Satu Tahun INFORMASI KAPUAS

Pada tanggal 10 Juni 2010 yang lalu, blog dengan nama INFORMASI KAPUAS mulai dibuat. Blog ini dibuat pada mulanya sebagai upaya untuk memberikan informasi tentang Kabupaten Kapuas yang lebih rinci, dari berbagai aspeknya.

Tulisan pertama, hanya mencantumkan 23 puskesmas yang terdapat di Kabupaten Kapuas. Setelah itu, selama 12 hari tidak ada tulisan. Tulisan pada tanggal 23 Juni 2010 diilhami oleh telepon dari teman di Palang Merah Spanyol yang menanyakan apakah hotel-hotel di Kabupaten Kapuas memiliki situs, sehingga mereka bisa membandingkan hotel-hotel yang akan mereka tempati nantinya ketika berkunjung ke Kapuas. Setelah menerima telepon tersebut, muncul ide, mengapa tidak saya buat saja artikel tentang berbagai hotel di Kapuas, mulai dari fotonya sampai daftar harga dan fasilitas yang disediakannya. Akhirnya muncullah artikel yang berisi lima buah hotel di Kuala Kapuas.


Sejak saat itu, dimulailah kegiatan meliput berbagai hal tentang Kapuas dengan menyajikan hal-hal sederhana yang meliputi foto obyek, alamat, kalau ada nomor telepon serta alamat situs atau emailnya. Sehingga apabila ada warga masyarakat yang memerlukan informasi tentang tempat tersebut bisa menghubunginya.

Tentang perubahan alamat dari http://informasikapuas.blogspot.com menjadi http://www.kabupatenkapuas.info sebenarnya diilhami oleh penolakan dari situs resmi Pemda Kapuas untuk mencantumkan blog sebagai tautan dalam link mereka. Akhirnya admin memutuskan untuk membeli nama domain tersebut.

Dalam rangka menarik lebih banyak pengunjung, admin mulai membuat halaman di Facebook, Twitter dan memasang iklan di beberapa tempat secara gratis. Sepanjang setahun lalu, penulis bereksperimen dengan berbagai macam gadget yang bisa dimuat di bilah kanan blogger. Ada yang dibongkar pasang dengan berbagai macam pertimbangan. Pada mulanya admin terobsesi untuk bisa memiliki peringkat yang tinggi di Google Page Rank, tapi rupanya dengan memasang iklan di Google Adword, dengan mudah INFORMASI KAPUAS bisa berada di peringkat pertama dengan kata kunci Kapuas. Tapi bila iklan tidak ada peringkatnya turun menjadi 5 atau 6. Iklan di Facebook juga pernah dicoba, namun sayang hasilnya kurang maksimal.

Untuk lebih meluaskan jangkauan, admin belajar untuk membuat buku menggunakan Blog2Print. Sampai sekarang sudah tiga buku yang diterbitkan di Scribd.com (Jilid 1, Jilid 2 dan Jilid 3), Google Books (Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3) dan Internet Archive. Admin juga belajar menampilkan file-file dari Google Document dan Scribd.com ke blog. Kemudian belajar membuat INFORMASI KAPUAS Toolbar dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Alexa.

Untuk menghemat penggunaan kuota di blogspot, admin meletakkan video di YouTube. Foto-foto biasa diletakkan di Panoramio. Sedangkan untuk foto-foto panorama diletakkan di Microsoft Photosynth.

Selain promosi melalui udara, admin juga pernah mengupayakan promosi melalui media lain yaitu berupa gantungan kunci dengan logo dan tulisan INFORMASI KAPUAS beserta alamatnya. Pembuatan gantungan kunci ini difasilitas oleh Zoe Stempel.

Mengingat sangat terbatasnya waktu yang dimiliki oleh admin, beberapa teman diundang untuk menjadi kontributor bagi blog ini, sehingga diharapkan jenis artikel yang ditampilkan lebih bervariasi. Sampai sekarang kontributor untuk blog ini sudah mencapai sepuluh orang. Diharapkan pada masa-masa yang akan datang, kontributor dari kecamatan-kecamatan dapat bergabung, sehingga INFORMASI KAPUAS dapat memuat artikel yang berasal dari seluruh pelosok Kabupaten Kapuas dari hulu sampai ke hilir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan