Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Urgensi Membaca Quran dan Belajar Bahasa Arab

Ustadz Suriani Jiddy, Lc memberikan ceramah di Masjid Al-Ihsan
Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Suriani Jiddy, Lc dalam rangka mengisi kegiatan Kajian tentang Qur'an sebagai rangkaian kegiatan Sehari Bersama Qur'an yang berlangsung dari hari Sabtu-Minggu, 13-14 Agustus 2011 di Masjid Al-Ihsan, Kuala Kapuas. Berikut ini adalah catatan dari ceramah tersebut:

Urgensi Membaca Qur'an
  1. Sarana mendapatkan pahala. Dalam Surat Fathir ayat 29 Allah berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Qur'an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak merugi". Ibnu Katsir menafsirkan "perdagangan yang tidak merugi" dengan pahala yang pasti mereka dapatkan. Dalam hadits riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Qur'an dan mengajarkannya". Dengan demikian orang ini dikatakan terbaik karena mau berbagi. Ilmu bukan untuk konsumsi pribadi. Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda: "Bacalah Qur'an, karena sesungguhnya Qur'an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa'at bagi yang membacanya" (HR. Muslim).
  2. Sarana dakwah: (1) dakwah mengajarkan baca Qur'an, (2) dakwah menyampaikan Islam. kalau bacaan Qur'an tidak baik dalam khutbah atau ceramah maka orang tidak akan simpati. (3) dakwah ruqyah: dakwah memerangi perdukungan yang sedang marak saat ini.
  3. Sarana pembersihan diri. Qur'an merupakan wirid harian. Salah satu zikir yang utama adalah membaca Qur'an.
  4. Sarana belajar bahasa Arab. Syarat mutlak untuk belajar bahasa Arab adalah kemampuan baca Qur'an dengan baik dan benar. Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mudah di dunia.
Keutamaan Bahasa Arab
Dalam surat Yusuf ayat 2 Allah berfirman: "Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur'an berbahasa Arab, agar kamu mengerti". Ibnu Katsir mengatakan bahwa Al-Qur'an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan kepada Nabi yang paling mulia, dengan bahasa yang paling mulia (bahasa Arab), turun ditanah yang paling mulia (tanah Arab) dan dibawa oleh malaikat yang paling mulia (Malaikat Jibril).

Syekh Muhammad Hasan dari Mesir mengatakan bahwa peringatan tentang limbah nuklir Rusia ditulis dalam bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa yang tidak pernah mati.

Umar bin Khattab: pelajarilah bahasa Arab karena sesungguhnya ia adalah bagian agamamu.

Imam Ahmad bin Hanbal: tanda keimanan orang non-Arab adalah cintanya terhadap bahasa Arab. 

Bahasa Arab dituturkan oleh 280 juta orang didunia sebagai bahasa pertama, menjadi bahasa resmi di 25 negara dan merupakan bahasa dunia ketiga sesudah Inggris dan Perancis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan