Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Sejarah Frambusia / Patek / Yaws di Kapuas

Wanita penderita Frambusi (Courtesy of Mission21)
Banyak yang tidak tahu bahwa di Kabupaten Kapuas pada masa lalu banyak ditemukan kasus Frambusia / Patek / Yaws. Foto tertua yang berhasil Informasi Kapuas dapatkan adalah dari koleksi foto Bassel Mission yang dibuat oleh dr. Matthews Carl Vischer (1927/1941) sebagaimana yang kita lihat pada gambar diatas.
Anak dengan gejala patek tersebar stadium 2 (Courtesy of YdMia)
Foto berikutnya diperoleh dari blog YdMia yang memuat kisah tentang Desan Mia yang ditulis oleh dr. Klokke yang pernah bertugas di RS Kuala Kapuas. Dalam kisahnya, beliau menemukan banyak sekali kasus frambusia, diantaranya dapat dilihat pada foto diatas. Beliau mengobati kasus ini dengan Penicillin.

Menurut informasi dari Direktoral Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kalimantan Tengah tidak termasuk provinsi yang masih memiliki kasus Frambusia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan