Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Pasar Malam - Lapangan Bukit Ngalangkang

Antri beli es krim
Pasar Malam di Lapangan Bukit Ngalangkang, Kuala Kapuas sudah berlangsung selama satu minggu dan masih akan berlangsung satu minggu lagi. Malam minggu ini, Pasar Malam dimeriahkan dengan kegiatan Pasar Rakyat Britama dimana BRI melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari pagelaran musik, tarian dan pembagian hadiah.
Berbagai macam hiburan tersedia di Pasar Malam ini mulai dari Komedi Putar, Sarang Burung, Tempat Memancing Ikan Mainan, Tong Edan, sampai Rumah Misteri. Masing-masing wahana hiburan tersebut dipenuhi oleh para pengunjung.
Memancing ikan mainan
Berbagai macam jenis makanan ringan pun tersedia di sini. Namun hampir disemua tempat kita  menemukan orang yang menjual pentol dengan berbagai macam variasinya, ada pentol goreng, ada pentol bakar, ada yang menjualnya sebagai bagian dari bakso.
Komedi putar
Berbagai macam mainan anak-anakpun tersedia disini, mulai dari mainan tradisional seperti kapal mainan, sampai mobil-mobilan yang dijalankan dengan menggunakan remote control.
Pentol bakar
Kepadatan sangat terasa di dalam pasar malam ini. Apalagi pada malam Minggu seperti ini. Pasangan harus berpegangan erat agar tidak terpisah. Anak-anak yang mengikuti orang tuanya harus menjaga diri agar mereka tidak terpisah dari orang tuanya. Sebagian ibu-ibu ada yang terpaksa menggendong anaknya karena padatnya suasana.
Tong Edan
Syukurnya kepadatan suasana ini tidak membuat lalu lintas menjadi macet, ada petugas polisi lalu lintas yang membantu untuk mengatur arus lalu lintas, sehingga kemacetan tidak terjadi.
Keramaian pasar malam
Pasar Malam ini betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk berlibur bersama dengan keluarga, mengisi libur akhir pekan.

Komentar

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan