Kacang Dede: Oleh-Oleh Lezat dari Kapuas

Gambar
  Penulisan artikel ini dibantu oleh ChatGPT Saat saya mengunjungi Pameran Koperasi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalangkang dalam rangka Ulang Tahun Koperasi ke-77 dan Pertemuan Raya II Kaum Bapak Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Tahun 2024 se-Indonesia di Kuala Kapuas pada hari Kamis, 25 Juli 2024, saya mengunjungi beberapa stand yang ada di sana. Salah satu yang menjadi favorit adalah kacang di atas. Kacang Dede, produk lokal dari Kapuas, menarik perhatian saya dengan kemasannya yang sederhana namun menarik. Kacang ini diproduksi oleh UMKM setempat dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kapuas yang sangat populer. Kacang ini tidak hanya lezat tetapi juga diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi, terbukti dengan adanya sertifikasi P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) dengan nomor 216203010098-28. Kacang Dede ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, cocok dinikmati sebagai camilan sehari-hari atau sebagai pendamping

Pembinaan Sekolah Sehat oleh TP PKK Kab. Kapuas

Pada hari Selasa 20 Agustus 2013 TP PKK Kabupaten Kapuas mengadakan pembinaan sekolah sehat ke SMPN 1 Basarang. Dalam kesempatan ini hadir pula tim pembina dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Basarang, Camat Basarang, dan Bagian Kesra Pemda Kab. Kapuas.
SMPN 1 Basarang tengah dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat provinsi pada pertengahan September mendatang. Rombongan diterima oleh Kepala Sekolah Bapak I Wayan Sindra, MPd.

Pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Kapuas berupa mengajarkan ketrampilan pengolahan sampah organik yang ada di sekitar sekolah menjadi pupuk, yang diajarkan oleh Ny. Harini Irawati, S.Pd dan Ny. Erni Yulianti, SE. Perwakilan siswa-siswa dari seluruh kelas dengan seksama mengikuti bagaimana cara membuat pupuk, dan ini adalah hal baru bagi mereka.
TP PKK Kab. Kapuas bersama siswa-siswa setelah praktek membuat pupuk organik
Dalam waktu bersamaan,  TP PKK lainnya yaitu dr. Tri Setyautami, MPHM, Ny. Surtywatni S.Sos, dan Hj. Sri Mulyanti SPd, didampingi oleh pihak guru Ibu Kuwun dan Pak Ramba, serta Pimpinan Puskesmas Basarang dr. David dan staf , berkeliling sekolah untuk menilai kondisi yang ada. Mereka mengunjungi tiap ruang kelas, ruang laboratorium komputer, warung sekolah, WC, ruang ibadah, ruang guru, ruang UKS, halaman sekolah, TOGA, dan lain-lainnya. Hal-hal yang masih perlu diperbaiki dicatat dan disampaikan ke pihak sekolah untuk ditindaklanjuti.
TP PKK Kab. Kapuas bersama Kepala Sekolah SMPN 1, Camat Basarang, dan staf Puskesmas Basarang usai pembinaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan