Konsolidasi Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSAD) 2024

Gambar
  Pada hari Kamis, 25 April 2024 bertempat di Hotel Santika dilaksanakan Konsolidasi ARSADA - RSD Se-Indonesia dengan tema Strategi Pelayanan Farmasi dan Regulasi Pajak di Rumah Sakit Daerah. Dr. dr. Slamet Riyadi menyampaikan sambutan dari ARSADA tentang berbagai asumsi yang harus diantisipasi sebagai berikut: 1. Pemerintahan Baru. Potensi dampaknya kepada rumah sakit daerah. Kepala daerah baru (periode baru) DPRD Baru (periode baru) Posisi / kedudukan direktur rumsah sakit daerah Hubungan Pemda dengan rumah sakit daerah Kebijakan Pemda tentang uang, sarana prasarana dan sumber daya manusia Konsistensi pelaksanaan BLU/BLUD 2. Kefarmasian. Kepmenkes HK.01.07/Menkes/503/2024. Nilai klaim harga obat program rujuk balik; obat penyakit kronis di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut, obat kemoterapi, dan obat alteplase. Potensi dampak kepada rumah sakit daerah: Output: Mutu Layanan Kefarmasian meningkat Konsolidasi katalog elektronik sektoral kementerian kesehatan Penataan formulari

Tim Penjaringan dan Penyuluhan Puskesmas Melati Sasar Pelajar MTsN Selat

dr. Rina Nurdiana sedang memberikan penyuluhan
Kuala Kapuas (Humas),  MTsN. Selat menjadi salah satu sasaran pelaksanaan Program Penjaringan dan Penyuluhan Anak Sekolah, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kab. Kapuas melalui UPTD Puskesmas Melati Kacamatan Selat. Dalam kegiatan yang gelar Rabu, (4/12) para pelajar MTsN. Selat mendapatkan penyuluhan tentang penyakit Demam Berdarah (DBD) dan   penjaringan berupa  penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan serta pemeriksaan kesehatan secara umum.  Bertindak sebagai pemeriksa kesehatan serta nara sumber  dalam penyuluhan tersebut dr. Rina Nurdiana dan dibantu oleh satu tim tenaga medis.

Dalam paparannya, dr. Rina Nurdiana mengatakan, penyakit demam berdarah sampai sekarang belum ada obatnya dan vaksin pencegahannya. Penyebab penyakit ini  adalah virus demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini suka berkembang biak pada air bersih yang tergenang. 
   
“Gejala penyakit  DBD, demam tinggi mendadak tanpa sebab yang jelas, 2-7 hari, nyeri ulu hati serta timbul pendarahan seperti adanya bintik-bintik merah dikulit yang tidak hilang oleh perenggangan” kata dr. Rina Nurdiana

Untuk itu lanjut dr. Rina Nurdiana, sebagai pecegahan DBD yang efektif adalah dengan melakukan 4M plus seminggu sekali, yakni Menguras wadah air seperti bak mandi, ember, vas bunga dll, Menutup  semua wadah air, Mengubur barang bekas dan Memantau wadah yang dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

“Plusnya adalah jangan menggantung baju, pelihara ikan pemakan jentik, hindari gigitan nyamuk dan bubuhkan abate” tegas dr. Rina Nurdiana

Pada kesempatan tersebut Kepala MTsN. Selat melalui Koordinator UKS Miftahul Hayati, S.Ag mengatakan, melalui penjaringan dan penyuluhan, akan dapat memantau kondisi kesehatan serta menambah pengetahuan siswa, tentang pentingnya sanitasi.

“Kami mengharapkan program seperti ini   hendaknya dapat dilakukan  secara kontinyu dalam jangka  waktu tertentu.” harap Miftahul Hayati. (andg)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan