Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Keutamaan Surat Al-Fatihah

Oleh : Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Hadits 1
Abu Said al-Khudri katanya, “Kami pernah berada dalam suatu perjalanan, lalu kami singgah, tiba-tiba seorang budak wanita datang seraya berkata: “Sesungguhnya kepala suku kami tersengat, dan orang-orang kami sedang tidak berada di tempat, apakah di antara kalian ada yang bisa memberi ruqyah?” Lalu ada seorang laki—laki yang berdiri bersamanya, yang kami tidak pernah menyangkanya punya ruqyah. Kemudian orang itu membacakan ruqyah, maka kepala sukunya itu pun sembuh. Lalu ia (kepala suku) menyuruyhnya diberi tiga puluh ekor kambing sedang kami diberi minum susu. Setelah ia kembali, kami bertanya kepadanya, “Apakah engkau memang pandai dan biasa meruqyah?” Maka ia pun menjawab, “Aku tidak meruqyah kecuali dengan Ummul Kitab (Fatihah)...”

Faidah Hadits 1
  • Keutamaan Surat Al Fatihah.
    • Ulama mengatakan bahwa Qur’an secara keseluruhan adalah ruqyah sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra ayat ( 82 )   Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.
  • Keutamaan suatu surat atas surat yang lain
  • Penamaan Surat Al Fatihah dengan ruqyah
  • Disyariatkannya ruqyah syar’iyyah
  • Keboleh meruqyah orang kafir
  • Kebolehan menerima imbalan ruqyah
  • Keutamaan sahabat secara umum yaitu dikabulkannya do’a mereka. Karena pada hakekatnya ruqyah adalah do’a.
  • Keutamaan sebagian sahabat diatas sebagian yang lain. Sahabat yang melakukan ruqyah ini tidak dikenal. Sahabat utama dari berbagai ilmu, ibadah dan lain-lain.
  • Kehati-hatian sahabat dalam beramal
  • Taqrir Rasulullah SAW

Hadits 2
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa’id bin al-Muallat, katanya, “Aku pernah mengerjakan shalat, lalu Rasulullah SAW memanggilku, tetapi aku tidak menjawabnya, hingga aku menyelesaikan shalat. Setelah itu aku mendatangi beliau, maka beliau pun bertanya, “Apa yang menghalangimu datang kepadaku?” Maka aku menjawab, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku tadi sedang mengerjakan shalat.” Lalu beliau bersabda: “Bukankah Allah ta’ala telah berfirman, 8: 24. Dan setelah itu beliau bersabda, “Akan aku ajarkan kepadamu suatu surat yang paling agung di dalam al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid Maka beliaupun menggandeng tanganku. Dan ketika beliau hendak keluar dari masjid, aku katakan”Ya Rasulullah, engkau tadi telah berkata akan mgajarkan kepadaku surat yang paling agung di dalam al-Qur’an” Kemudian beliau menajwab, “Benar, ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang.

Hadits 3
Diriwayatkan oleh Tirmizi, dan disahahihkannya. Dari Abu Hurairah RA sesungguhnya Rasulullah SAW berkata kepada Ubay bin Ka’b: “Apakah engkau suka aku ajarkan kepadamu surat yang belum diturunkan di Taurat, Injil, Zabur tidak juga dalam Al-Furqan sepertinya?” Dia menjawab, “Ya. Wahai Rasulullah.” Rasulullah SAW bersabda, “Bagaimana anda membaca dalam shalat?” Beliau menjawab, “membaca Ummul Qur’an (Al-Fatihah).” Maka Rasulullah SAW bersabda, “Demi jiwaku yang ada ditangan-Nya. Tidak diturunkan dalam Taurat, Injil, Zabur tidak juga dalam Al-Furqan (surat) semisalnya.” (Dishahihkan Al-Albany dalam Shahih Tirmizi).

Hadits 4
Riwayat Muslim dalam kitab shahih an-Nasa’i dalam kitab sunan dari Ibnu Abbas, katanya, “Ketika Rasulullah SAW sedang bersama malaikat Jibril, tiba-tiba Jibril mendengar suara dari atas. Maka Jibril mengarah-kan pandangannya ke langit sersaya berkata, “Itulah pintu telah dibuka dari langit yang pernah terbuka sebelumnya.” Ibnu Abbas melanjutkan, “Dari pintu itu turun malaikat dan kemudian menemui Nabi SAW seraya berkata, ‘Sampaikanlah berita gembira kepada umatmu mengenai dua cahaya. Kedua cahaya itu telah diberikan kepadamu, yang belum pernah sama sekali diberikan kepadda seorang nabi pun sebelum dirimu, yaitu Fatihatul Kitab dan beberapa ayat terakhir surat al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu hurus saja darinya melainkan akan diberi (pahala) kepadamu.”

Peringatan Tentang Keutamaan Beberapa Surat Dalam Al Qur’an
Prof. DR. Muhammad Ali Ash Shabuni menulis dalam bukunya:

Imam Qurtubi memperingatkan kita tentang beberapa hadits palsu berkenaan tentang keutamaan beberapa surat dalam Al-Qur’an. Kita jangan terpengaruh dengan hadits-hadits palsu tersebut. Tujuannya adalah agar orang giat beramal. Ini dilakukan oleh seorang khawarij. Ada yang bertanya kepadanya mengapa dia membuat hadits palsu. Dia berkata bahwa ia melakukan itu karena orang jauh dari Al-Qur’an. Niat yang baik tidak cukup, dia harus diikuti dengan mengikuti sunnah Rasulullah. Contoh niat baik membangun masjid, tapi uangnya dari korupsi, ini tidak boleh.

Keutamaan surat Yasin
  • Sesungguhnya Allah SWT membaca surat Taha dan surat Yasin sebelum menciptakan Adam 2000 tahun, ketika para malaikat mendengarkan Qur’an para malaikat berkata alangkah bahagianya suatu umat yang diturunkan kepada mereka surat ini (silsilah hadits dhaif/1248)
  • Barangsiapa yang masuk pemakaman kemudian membaca surat Yasin akan diringankan azabnya, maka orang yang membaca surat Yasin itu akan mendapat pahala sebagaimana orang yang dikubur disana. (maudhu, silsilah hadits dhaif)
  • Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki jantung, dan jantung Qur’an dalah yasin, dan barangsiapa yang membaca Yasin maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala mengkhatamkan Qur’an sepuluh kali (maudhu)
  • Barangsiapa yang membaca Yasin dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah SWT maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang lalu, maka bacakanlah Yasin pada sisi orang yang menninggal (dha’if)
  • Barangsiapa yang membaca surat Yasin pada tengah hari, maka semua hajatnya akan dikabulkan (dha’if)

Tanya Jawab

Pertanyaan: Apakah setiap kita bisa meruqyah?
Jawab: Bisa.

Pertanyaan: Apa saja yang bisa dibaca saat ruqyah.
Jawab: ada dua buku yang bagus untuk dibaca, Kesurupan Jin dan Cara Pengobatannya secara Islami. Buku ini menjelaskan hakekat jin, dijelaskan dari A sampai Z. Pernah menjadi best seller. Buku yang kedua, Sihir dan Guna-guna serta Tata Cara Mengobatinya Menurut al-Qur’an dan As-Sunnah. Cara ruqyah dijelaskan secara detail.

Pertanyaan: mohon dijelaskan solusi kebiasaan masyarakat membaca Yasin di aqiqah dan di kuburan.
Jawab: hadits tentang keutamaan membaca surat Yasin tidak ada yang shahih, tidak ada larangan untuk membaca surat Yasin. Sampaikan bahwa dalil keutamaannya tidak shahih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan