Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Kedudukan Sunnah Dalam Syariat Islam

Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Ya Allah, berikanlah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik Zat yang dapat mensucikannya. Engkaulah yang menguasai dan yang menjaganya. (H.R. Muslim)

Amal kita niatkan untuk:

  • Mendapat pahala
  • Mensucikan dari dosa
  • Membersihkan hati kita

Hasan Al-Banna:

Al-Qur'an yang mulia dan Sunah Rasul yang suci adalah tempat kembali setiap muslim untuk memahami hukum-hukum Islam...

Kewajiban mengikuti As Sunnah

4: 136 – Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.

Iman tidak sempurna kecuali mencakup 3 hal:

  • Membenarkan dengan hati
  • Mengucapkan dengan lisan
  • Mengamalkan dengan perbuatan

4: 80, 59

59: 7 – Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.

3: 32 – Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir".

Fungsi As Sunnah

Fungsi As Sunnah terhadap Al Qur'an

  • Penjelas – As Sunnah menjelaskan Al-Qur'an.
  • Penguat – As Sunnah menguatkan hukum yang ditetapkan Qur'an
  • Penetap – As Sunnah menetapkan suatu hukum yang tidak ditetapkan oleh Qur'an

Menjelaskan Al Qur'an (Q.S. An Nahl: 44) – Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur'an, agar kamu menerangkan kepada manusia ...

Imam Syafi'i

  • Semua yang datang dari sunah merupakan penjelasan dari Al-Qur'an
  • Maka setiap orang yang menerima Al-Qur'an, maka wajib menerima sunah Rasulullah, karena Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk mentari Rasul-Nya dan mematuhi hukum-hukumnya
  • Orang yang menerima apa yang datang dari Rasulullah SAW berarti ia telah menerima apa yang datang dari Allah SWT, karena Dia telah mewajibkan kita untuk mentaatinya. (Al-Risalah, hal. 32-33)

Umar bin Khaththab – Akan datang suatu masa di mana manusia akan mendebat kalian dengan subhat-syubhat Al Qur'an, maka debatlah mereka dengan hadis, karena sesungguhnya ahli hadis lebih memahami Al Qur'an.

Abdullah bin Abbas – Ali bin Abi Thalib mengutus Ibnu Abbas untuk mendatangi kaum Khawarij untuk mendebat mereka, seraya berkata: "Janganlah mendebat mereka dengan Al Qur'an, karena (pengertian) Al Qur'an dapat diarahkan ke berbagai makna, akan tetapi debatlah mereka dengan As Sunnah." Ibnu Abbas berkata: "Aku lebih mengerti Al Qur'an dari pada mereka, karena Al Qur'an turun di rumah kita."

Penjelasan Praktek Shalat

2: 43 – Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'

Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku salat.

Penjelasan Praktek Puasa

2: 183 – Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Penjelasan detail tentang puasa:

  • Syarat wajib
  • Syarat dan rukun

Penjelasan Praktek Haji

3: 97 – mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah

Ambillah dariku (cara) manasik haji untuk kalian

Hukuman Bagi Pencuri

5: 38 – Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Tangan pencuri tidak boleh dipotong kecuali (jika barang yang dicurinya mencapai) seperempat dinar atau lebih (HR. Muslim)

1 dinar = 4,25 gram emas. ¼ dinar = 1,06 gram emas.

Sangsi Bagi Pezina

24: 2 – perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera ...

Zina ghairu muhsin – Ambillah dariku, ambillah dariku (hukum had zina), sesungguhnya Allah telah menjadikan jalan bagi mereka. Orang yang belum menikah .......

Menguatkan hukum yang telah ditetapkan dalam Al Qur'an

53: 3-4 – dan tiadalah yang diucapkannya itu menurun kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).

Menetapkan hukum yang tidak ditetapkan dalam Al Qur'an

5: 3 – makan yang tidak boleh dimakan:

  • bangkai (binatang yang mati dengan sendirinya, tidak disembelih menurut aturan Islam; binatang yang disembelih non Muslim, selain Yahudi dan Nasrani)
  • darah
  • babi
  • binatang yang disembelih bukan karena Allah (sesajen)

Haram ditetapkan As Sunnah

  1. Keledai piaraan (jinak)
  2. Binatang buas yang bertaring
  3. Setiap burung yang bercakar
  4. Hewan jalalah (bila makanan yang dimakannya berpengaruh pada dagingnya)
  5. Setiap hewan yang diperintahkan oleh syari'at untuk dibunuh (tikus, kalajengking, ular, anjing galak, dll)
  6. Setiap hewan yang dilarang oleh syari'at untuk dibunuh (semut, lebah, katak, dll)

Hukum rajam – Tidak halal darah seorang Muslim yang bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa aku utusan Allah, kecuali karena tiga hal: nyawa dibalas nyawa, orang yang berzina setelah menikah dan orang yang meninggalkan agamanya, memisahkan diri dari jama'ah kaum Muslimin (HR Bukhari, HR Muslim, HR Nasai dan yang lainnya)

Praktek Nabi SAW

  • Asif berzina dengan seorang wanita dan Rasulullah SAW memerintahkan kepada Unais untuk menyidangkan perkaranya dan beliau bersabda, "Wahai Unais datangi wanita itu dan bila dia mengaku zina maka rajamlah".
  • Kisah Maiz diriwayatkan dari banyak alur hadis dimana Maiz pernah mengaku berzina dan Rasulullah SAW memerintahkan dia untuk dirajam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan