Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Kunjungan Kerja dan Sosialisasi Program Unggulan TP PKK Kabupaten Kapuas


Pada hari Selasa 14 April 2015, TP PKK Kabupaten Kapuas mengadakan Kunjungan Kerja dan Sosialisasi Program Unggulan ke Kecamatan Kapuas Barat. Rombongan TP PKK Kabupaten dipimpin oleh Ketua Ibu Ary Egahni Ben Bahat, SH disambut oleh Camat Kapuas Barat, Ketua TP PKK Kec. Kapuas Barat, unsur Tripika, Kepala UPT di lingkup kecamatan, para kades, tokoh masyarakat, kader pkk, dan masyarakat. Hadir pula perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Acara dilaksanakan di aula Kecamatan Kapuas Barat. 

Pada kesempatan tersebut disampaikan sosialisasi program unggulan secara umum oleh Ketua TP PKK Kabupaten, dan secara rinci dijabarkan oleh Sekretariat dan Pokja I-IV TP PKK Kabupaten. Dari Sekretariat tentang pentingnya administrasi PKK agar terdokumentasi dengan baik, lengkap, dan rapi. Dari Pokja I sebagai prioritas adalah Pendidikan Kesadaran Bela Negara, Kewaspadaan terhadap Narkoba, dan Pencegahan KDRT. Dari Pokja II yaitu PAUD dan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga. Dari Pokja III yaitu Hatinya PKK (Halaman Asrti Tertata Indah Nyaman) dan pentingnya ada produk unggulan dari tiap kecamatan. Dari Pokja IV yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 

Setelah pemaparan, dilakukan tanya jawab dengan seluruh peserta yang hadir. Para peserta sangat antusias dan beberapa hal ditanyakan langsung, secara umum yaitu tentang masalah PAUD. 
Direncanakan kegiatan kunjungan kerja dan sosialisasi program unggulan ini akan dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Kapuas ke kecamatan-kecamatan lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan