Transformasi Digital di Kabupaten Kapuas: Menuju Pemerintahan Berbasis Elektronik

Gambar
  Pada hari Rabu, 5 Juni 2024, Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan "Persamaan Persepsi Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)" di Hasupa Ballroom Fovere Hotel, Kuala Kapuas. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Kapuas, dan dihadiri oleh 130 peserta dari berbagai perangkat daerah, kecamatan, serta puskesmas di lingkungan Kabupaten Kapuas. Memahami Tantangan Awal: Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE di Kabupaten Kapuas. Tantangan awal yang dihadapi meliputi masalah sumber daya manusia (SDM) dan ego sektoral di mana masing-masing memiliki sistem dan aplikasi sendiri. Perubahan ini diharapkan dapat menyelesaikan beberapa tahapan dalam reformasi birokrasi. Output dan Outcome yang Diharapkan: Hasil dari kegiatan ini akan melahirkan Peraturan Bupati yang menjadi panduan semacam Rencana Pembangunan Jangka Menengah

"Kehebohan" di Hotel Permata Inn

Simulasi situasi gawat darurat oleh fasilitator Pro Emergency
Tak lama sesudah pembukaan kegiatan Pelatihan BTLS dan BCLS pada hari Senin, 25 Mei 2015 di Hotel Permata Inn, selesai dilakukan. Tiba-tiba pintu aula didorong oleh orang yang berteriak minta tolong. Mereka membawa orang yang berlumuran "darah". Orang tersebut langsung diletakkan diatas meja yang dijadikan tempat pembukaan. Terjadi kehebohan di ruangan aula, banyak petugas yang diminta untuk menolong orang yang berlumuran "darah" tersebut.

Rupanya ini adalah "fragmen" yang dipersiapkan oleh tim fasilitator untuk mengawali pelatihan ini. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Bidang Keperawatan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas bekerja sama dengan Pro Emergency.

Kegiatan ini diikuti oleh 43 orang peserta dimana 40 orang peserta dibiayai oleh rumah sakit dan 3 orarng peserta menggunakan biaya pribadi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan