Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Bersiap Untuk Akreditasi Puskesmas

Foto bareng sesudah pembukaan pelatihan
Permenkes Nomor 75 tahun 2014 mewajibkan Puskesmas untuk diakresitasi secara berkala paling sedikit 3 tahun sekali, dan akreditasi adalah salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas yankes tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagaimana diatur dalam Permenkes No 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas telah menetapkan roadmap akreditasi Puskesmas 2015-2019 dan sebagai tindak lanjut telah dibentuk tim pendamping akreditasi puskesmas. Tim ini beranggotakan 10 orang yang akan dilatih selama 10 hari di Balai Pelatihan Profesi Teknis Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Gombong, tgl 10-18 Nopember 2015.

Setelah pulang nanti tim pendamping akreditasi ini akan mendampingi puskesmas se-Kabupaten Kapuas utk akreditasi secara bertahap mulai 2016-2019.

Tim pemdamping akreditasi yang diikutkan dalam pelatihan ini adalah : aspek administrasi manajemen yaitu Adi Purnomo, Evri Astuti, Eka Pristalita dan Muhamad Hayat. Aspek Upaya Kesehatan Masyarakat yaitu Mayae Hugo, Sugiati dan Anih Sriyana. Aspek Upaya Kesehatan Perorangan yaitu Tri Setyautami, Tonun Irawati, dan Shandra Yosephine.

Dalam pelatihan di Gombong kali ini bersama-sama dengan tim dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Gunung Mas, dan Purworejo.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan