Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Berbagai tahap seleksi manusia

Oleh: Muhammad Kurniadi Rasyid

Tahap seleksi manusia dimulai ketika jutaan sperma berebut untuk memasuki sel telur. Hanya satu sperma yang bisa memasuki sel telur. Tahapan seleksinya adalah dalam proses persalinan, tidak semua bisa selamat untuk bisa lahir ke dunia. Proses seleksi berikutnya adalah ketika baligh, siapa diantara manusia yang tetap Muslim, atau menganut agama selain Islam. Sebenarnya setiap manusia dilahirkan atas dasar fitrah (Islam).

Diantara orang Muslim sendiri ada seleksi, siapa diantara mereka yang beriman. Dalam surat Al-Hujurat, 49: 14 orang-orang Arab Badui mengatakan bahwa mereka sudah beriman. Allah mengatakan bahwa mereka belum beriman, tapi katakanlah bahwa mereka sudah tunduk (Islam). Orang-orang beriman memiliki ciri-ciri yang dimuat dalam Surat Al-Mu'minun, 23: 2-9. Ciri pertama dari surat itu adalah "orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya. Untuk bisa mendapatkan khusyu' kita harus mengerti apa yang kita baca dalam shalat.

Ciri-ciri berikutnya adalah orang-orang yang menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak berguna. Ciri-ciri lainnya adalah menunaikan zakat, menunaikan amanah dan lain-lain.

Seleksi bagi orang-orang beriman berikutnya adalah siapa diantara mereka yang bertakwa. Beberapa ciri-cirinya Allah muat dalam Surat Al-Baqarah, 2: 3-4. Berapa banyak kita membaca Qur'an setiap harinya. Orang yang bertakwa beriman kepada yang ghaib, misalnya meyakini bahwa seluruh amal kita dicatat oleh malaikat. Jadi mereka sangat berhati-hati dengan amalnya. Sangat takut bila tidak siap menghadapi hari akhir nanti. Orang yang bertakwa, sangat berhati-hati dengan perbuatannya.

Para sahabat sangat hati-hati dengan ucapannya. Umar mengatakan bahwa orang yang banyak bicara sering terpeleset. Orang yang sering terpeleset banyak dosa. Orang yang banyak dosa maka tempatnya di neraka. Bila kita banyak kesalahan pada orang lain maka kebaikan kita akan diambil untuk mereka. Bila kebaikan kita sudah habis, maka keburukan mereka akan diberikan kepada kita. Bila kita masih layak untuk masuk surga, maka kita harus dibersihkan dulu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan