Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Kisah dr. Soemarno Sosroatmodjo di Kuala Kapuas


Di Kuala Kapuas mata saya semakin terbuka akan berbagai masalah sosial. Mula-mula saya hendak mendaftarkan diri diri sebagai anggota Parindra di Banjarmasin, tapi ternyata di Kuala Kapuas pun sudah berdiri cabangnya. Jadilah saya anggota Parindra.

Kemampuan saya dibidang kedokteran pun terangsang dan terdorong maju, karena harus menanggulangi berbagai penyakit dengan peralatan yang seadanya. Dr. Vischer sebagai kepala rumah sakit menganggap saya lebih cekatan dari dokter wanita berkebangsaan Jerman yang pernah mewakilinya.

Isteri saya pun mulai terjun ke dalam masyarakat. Ia memulai mengadakan kursus-kursus kepada para wanita Dayak, baik mengenai masalah-masalah kesehatan maupun pemberantasan buta huruf.

Tidak mengherankan jika rumah saya - seperti juga rumah para dokter yang bertugas di kota-kota kecil - selalu didatangi oleh pemuka masyarakat khususnya dan rakyat umumnya, untuk berbagai keperluan. Bukan saja mengenai soal kesehatan, tapi juga masalah-masalah sosial, dan last but not least soal gerakan kebangkitan nasional. Semboyan "Indonesia Berparlemen" sering kami perbincangkan bersama. Sangatlah menguntungkan bahwa dokter-dokter lulusan NIAS kebanyakan ditempatkan di kota-kota terpencil, sehingga pengetahuan dan keterlibatannya dalam gerakan kebangsaan tersebar pula dan tertanam di berbagai sudut dan pelosok tanah air. Para dokter lulusan NIAS itu tidak begitu sukar bergerak di dalam masyarakat rakyat kecil, karena kebanyak mereka berasal dari keluarga pegawai menengah - bukan keluarga kaya - yang sempat menempuh pendidikan di NIAS atas bantuan beasiswa. Latar belakang keluarga yang lebih dekat dengan masyarakat kecil memudahkan mereka bergerak di tempat-tempat yang terpencil juga. Semasa belajar mereka pun sudah tergembleng dalam kancah kemasyarakatan, karena kebanyakan mereka menjadi anggota perhimpunan-perhimpunan pemuda seperti Indonesia Muda, Ansor Nahdhatul Ulama dan kepanduan, yang pada umumnya mempunyai tujuan memajukan bangsa dan mencita-citakan kemerdekaan. Dalam perhimpunan-perhimpunan pemuda itu mereka terlatih menjadi pejuang kemerdekaan yang ber-Tuhan dan memimpin masyarakat.

Di Kuala Kapuas anak ketiga saya, laki-laki, lahir.

Dikutip dari buku " Dari Rimba Raya Ke Jakarta Raya (halaman 232-234)" karangan dr. H. Soemarno Sosroatmodjo


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan