Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Cabut gigi di rumah sakit

Hasil rontgen gigi
Ketika dirujuk ke rumah sakit dua minggu yang lalu, dokter gigi memutuskan bahwa gigi ini dicabut saja agar infeksinya tidak berulang. Baru pada hari ini (Sabtu, 4 Juni 2016) gigi ini siap untuk dicabut mengingat selama ini penyembuhan abses akibat periodontitis berjalan lambat. 


Seperti biasa setelah meminta Surat Eligiblitas Peserta (SEP) di BPJS Kesehatan, mengambil status di rekam medik, kemudian mengantri di poliklinik gigi. Ketika dipanggil, admin masuk kemudian diperiksa tekanan darahnya. Masih dalam batas normal. Setelah itu admin diminta duduk di kursi gigi dan diperiksa apakah gigi yang akan dicabut benar-benar tidak sakit. Setelah itu disuntik dengan obat penghilang rasa nyeri. Lidah terasa kelu, sulit digerakkan akibat pengaruh anestesi. Berbicarapun agak susah, karena lidahnya kelu.

Setelah efek obatnya dirasa cukup bekerja, maka mulailah dilakukan proses pencabutan gigi. Dalam waktu kurang dari satu menit, gigi tersebut sudah dicabut. Setelah itu bekas lokasi pencabutan gigi dikasih spongostan untuk mengurangi perdarahan. Setelah itu dikasih kasa dan kapas yang digigit di lokasi pencabutan gigi. 

Dokter gigi meresepkan obat untuk mengurangi perdarahan, antibiotika dan obat pengurang rasa nyeri. Bila gusi sudah tidak lagi berdarah, kasa dan kapas tidak perlu lagi digigit diantara gigi. Admin sudah diijinkan untuk makan setelah pencabutan gigi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan