Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Nasionalisme dan tantangan iman


Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Fenomena syirik

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). (Q.S. Al Baqarah, 2: 165)

Ayat diatas menggambarkan syirik ibadah.

Kita sampai pada kultus individu

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (Q.S. At Taubah, 9: 31)

Orang yang dikultuskan ketika menghalalkan yang diharamkan dan mengharamkan apa yang dihalalkan, kemudian pengikutnya mengikutinya, maka mereka dikatakan menyembahnya.

Kultus golongan 30: 31

Apakah nasionalisme itu termasuk perbuatan syirik?

Bagaimana dengan:
·         Menyanyikan lagu kebangsaan
·         Sumpah jabatan
·         Dll

Ungkapan “Cinta tanah air bagian dari iman” sangat terkenal. Ini adalah hadits palsu. Paham kebangsaan tidak bisa didasarkan pada ungkapan ini.

Kaidah 1 – penilaian terhadap sesuatu merupakan bagian tak terpisahkan dari persepsi terhadap sesuatu tersebut

Hukum kita terhadap sesuatu bergantung pada persepsi kita terhadap sesuatu tersebut.

Kaidah 2 – anggapan didasarkan pada substansi bukan pada sebutan

Apalah artinya sebuah nama.

Syaikh Jum’ah Amin Abdul Aziz – Penggunaan istilah sesungguhnya tidak dilarang secara syar’I jika maksud penggunaan istilah itu bernilai positif dan berguna bagi kaum muslimin. Beliau mencontohkan penggunaan istilah rahib di malam hari dan tentara gagah perkasa di siang hari. Rahib itu ahli ibadah dari orang-orang Yahudi. Ini tidak menjadi persoalan bagi para ulama.

Imam Ibnu Katsir membawakan sebuah riwayat tentang pertempuran para sahabat menghadapi bangsa Romawi. Ada sebuah cerita – salah seorang panglima tentara romawi mengutus seorang nasrani untuk memata-matai pasukan para sahabat. Setelah dia kembali melaksanakan tugasnya, dia mengatakan: Kulihat mereka kaum yang ahli ibadah di malam hari dan disiang hari seperti tentara yang gagah perkasa. Demi Allah, seandainya anak raja mereka mencuri, niscaya mereka akan potong tangannya. Kalau anak mereka itu berzina, niscaya mereka akan merajamnya. Seandainya engkau benar dengan apa yang engkau sampaikan, maka perut bumi lebih baik daripada permukaannya.

Ada kitab – ruhbanun fi lail tentang shalat malam.

Silang pendapat terjadi karena sudut pandang yang berbeda terhadap nasionalisme. Saking takutnya mereka terhadap nasionalisme, mereka tidak mau menyebut nama tempat, misalnya yang terhormat Bapak Suhardi di bumi Allah. Demikian juga dengan tempat lahir, mereka menyebutnya di bumi Allah.

Demokrasi juga menjadi perdebatan. Demokrasii adalah kekuasaan rakyat, termasuk dalam membuat peraturan / perundang-undangan. Menurut mereka yang bisa membuat undang-undang adalah Allah.

Ada yang mengatakan politik adalah tipu daya. Kalau ada ulama berpolitik, mereka mempertanyakan. Kok Ustadz masuk ke parlemen.

Termasuk juga masalah tasawuf, seperti masalah wihdatul wujud – bersatunya manusia dengan Tuhan. Padahal Buya Hamka menyusun buku Tasawuf Modern. Abul A’la Al Maududi menyusun buku Mabadi‘ Islam yaitu Aqidah, Fiqh dan Tasawuf.

Ini terjadi karena sudut pandang yang berbeda dalam masalah-masalah tersebut.

Ada istilah tradisi yang salah, misalnya tipuan kata, seperti

Bunga adalah istilah yang bagus. Tapi ketika disebut bunga bank, maka artinya berbeda. Dalam bahasa Arab menyebutnya faa-idah (fawaahid, jamak).

Kata hadiah itu bagus. Jika kalian saling memberi hadiah maka kalian akan saling mencintai. Kalau hadiah dikaitkan dengan gratifikasi (suap), maka artinya kurang baik.

Jajan di warung bagus. Tapi kalau jajan di luar tidak baik.

Pekerja itu baik. Bekerja adalah ibadah. Tapi kalau Pekerja Seks Komersial, maka itu menjadi persoalan besar. Apalagi dikomersilkan.

Tamu/klien artinya baik dan harus dihormati. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya memuliakan tamunya. Tapi kalau tamu PSK tidak baik.

Imam Hasan Al Banna – tradisi yang salah sama sekali tidak merubah hakikat lafaz-lafaz syar’i (status hukum tidak berubah). Akan tetapi harus dipastikan batasan makna yang dimaksud. Sebagaimana harus ada sikap kehati-hatian dalam menggunakan tipuan kata. Yang dijadikan anggapan adalah substansi bukan istilah.

Lagu Padamu Negeri.

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri  kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

Bakti dalam Hindu
·         Istilah bakti memiliki arti yang luas yaitu sujud …

Mengabdi dari bahasa Arab yang artinya ibadah / menyembah. Mengabdi dalam bahasa Indonesia menjadi melayani.

Insya Allah menyanyi Padamu Negeri aman-aman saja.

Nasionalisme dalam Risalah Pergerakan.

Nasionalisme kerinduan

Jika yang dimaksud dengan nasionalisme oleh para penyerunya adalah cintah tanah air, keberpihakan padanya dan kerinduan yang terus menggebu terhadapnya, maka hal tu sebenarnya sudah tertanam dalam fitrah manusia. Lebih dari itu Islam juga menganjurkan yang demikian. Sesungguhnya Bilal yang telah mengorbakan segalanya demi aqidahnya, adalah juga Bilal yang suatu ketika di negeri Hijrah menyenandungkan bait-bait puisi kerinduan yang tulus terhadap tanah asalnya, Mekah.

Nasionalisme kehormatan dan kebebasan

Jika yang mereka maksudkan dengan nasionalisme adalah keharusan berjuang membebaskan tanah air dari cengkeraman imperialisme, menanamkan makna kehormatan dan kebebasan dalam jiwa putera-putera bangsa, maka kami pun sepakat tentang itu. Islam telah menegaskan perintah itu dengan setegas-tegasnya. Al Munafiqun: 8, 4: 141

Nasionalisme kemasyarakatan

Jika yang mereka maksudkan dengan nasionalisme adalah memperkuat ikatan kekeluargaan antara anggota masyarakat atau warga negara serta  menunjukkan kepada mereka cara-cara memanfaatkan ikatan itu untuk mencapai kepentingan bersama, maka di sini pun kami sepakat.

Nasionalisme pembebasan

Jika yang mereka maksudkan dengan nasionalisme adalah membebaskan negeri-negeri lain dan menguasai dunia, maka itu pun telah diwajibkan oleh Islam. Islam bahkan mengarahkan para pasukan pembebas untuk melakukan pembebasan.

Nasionalisme kepartaian


Tapi jika yang mereka maksudkan dengan nasionalisme itu adalah memilah umat menjadi kelompok-kelompok yang saling bermusuhan dan berseteru satu sama lain, mengikuti sistem-sistem nilai buatan manusia yang diformulasi sedemikian rupa untuk memenuhi ambisi pribadi – sementara musuh mengeksploitasi masayarakat untuk kepentingan mereka …. Maka itu pasti nasionalisme yang tidak bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan