Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas

Gambar
Kuala Kapuas, 5 April 2024 Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD PPNI Kab. Kapuas, pada Ramadhan 1445H tahun ini berbagi Berkah Ramadhan dengan Tema "Jum'at Berkah Ramadhan"  Kegiatan ini dihimpun dari sumbangan anggota PPNI dan beberapa donatur, jumlah yang dibagikan 1.400 item terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, nasi kotak dan takjil adapun sasaran ditahun ini, Rumah Singgah, Panti Asuhan, fakir miskin dan dhuafa. Foto, video dan tulisan merupakan kiriman Bapak M. Hipni

Rumah sakit masih sulit dijangkau oleh masyarakat pedalaman

Jumlah kunjungan rumah sakit berdasarkan kecamatan tahun 2014-2015
Dari data kunjungan yang diperoleh dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) tahun 2014 dan 2015 didapatkan data bahwa sebagian besar masyarakat yang menikmati layanan rumah sakit adalah orang-orang yang tinggal di Kecamatan Selat. Jumlah masyarakat di Selat yang menikmati pelayanan di rumah sakit di bandingkan dengan kecamatan berikutnya yaitu Kapuas Hilir, hampir mencapai 10 kali lipatnya.

Masyarakat yang berada di pedalaman seperti Timpah, Kapuas Tengah dan Kapuas Hulu malah kalah jumlahnya dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan yang berasal dari Pulang Pisau seperti Maliku, Pandih Batu, Kahayan Hilir dan Kahayan Kuala. Kondisi ini dapat dimengerti mengingat masyarakat di Timpah, Kapuas Tengah dan Kapuas Hulu harus melewati Palangka Raya untuk bisa mencapai Kuala Kapuas. 

Saat ini pemerintah daerah sedang mengupayakan keterhubungan antara Mantangai dengan kecamatan-kecamatan diatasnya yaitu Timpah, Kapuas Tengah, Pasak Talawang, Kapuas Hulu dan Mandau Talawang. Namun perkembangan ini tidak lagi bisa kita saksikan di situs Dinas Pekerjaan Umum Kapuas karena tulisan terakhir ada di bulan Agustus 2015. Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa jembatan yang akan melintasi Sungai Mantangai sudah selesai pada tahun 2015.

Saat ini, puskesmas-puskesmas yang ada di bagian hulu Sungai Kapuas sudah dikembangkan menjadi puskesmas perawatan. Namun kendalanya adalah ketersediaan peralatan dan sumber daya manusianya. Untuk puskesmas dengan tempat perawatan, idealnya ada dua dokter umum yang bertugas di sana. Dan sebaiknya ada fasilitas seperti bank darah, sehingga pelayanan yang memerlukan darah segera dapat dilayani disana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan