Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Children Around The Prophet ch. 2 (1)

Oleh: Dr. Hesham Al-Awadi

Beliau sangat menginginkan agar pemahaman terhadap Islam dimulai sejak anak-anak, sehingga mereka bisa mengaplikasikannya secara bertahap. Sehingga ketika mereka kuliah, mereka bisa menundukkan pandangan saat kuliah musim panas dimana para wanita banyak yang membuka auratnya.

Sebelum Rasulullah memberi perintah tentang agama kepada anak-anak, beliau menginvestasikan waktu yang cukup banyak untuk menjalin hubungan dengan anak-anak. Setelah terbangun hubungan yang baik, barulah perintah tersebut disampaikan. Untuk dapat melakukannya, kita harus menjadi "teman" bagi anak-anak kita.

Ada baiknya kita menikah di usia yang dini, sehingga usia antara anak dan orang tua tidak terpaut jauh. Ja'far bin Abu Thalib dan Abdullah bin Ja'far, jarak umurnya cuma 11 tahun.

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah adalah paling penyayang diantara manusia.

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Q.S. Al-Anbiyaa, 21: 107)

Anas bin Malik punya seorang adik yang namanya Umair. Umair punya seekor burung namanya Nughair. Suatu hari burungnya mati. Dalam kondisi seperti itu anak-anak suka dengan orang yang menghiburnya. Itulah sebabnya ketika ada yang meninggal disarankan agar kita menghibur keluarga yang ditinggalkan dengan menyebut-nyebut kebaikan orang yang meninggal.

Ketika Rasulullah berkunjung, dia bertanya. Aba Umair apa yang terjadi dengan Nughair?

Kita mengajukan pertanyaan untuk memberitahukan bahwa kita memperhatikannya.

Rasulullah memanggil adiknya dengan sebutan yang disukainya (kunyah).
Ibnu Hajar, salah satu manfaat dari hadits ini: boleh mengajukan pertanyaan yang kita sudah tahu jawabannya.

Rasulullah menunjukkan bahwa tidak apa-apa menunjukkan kesedihan terhadap sesuatu yang hilang dari kita.

Seorang wanita yang mengaku berzina diberi waktu oleh Rasulullah untuk melahirkan, menyusui dan menyapih bayinya. Ketika Khalid bin Walid terkena darah dari wanita yang dirajam, dia menunjukkan kemarahannya. Rasulullah bersabda: bila taubatnya dibandingkan dengan semua sahabat, itu akan mencukupi untuk mereka.

Anak yang dilahirkan dari wanita tersebut, akan sangat menyayangi Rasulullah.

Artikel tentang mengusap bayi menyebutkan bahwa bayi-bayi yang sering mendapatkan sentuhan, lebih kurang dalam kekerasan.

Abdullah bin Ja'far ingat ketika Rasulullah mengusap kepalanya tiga kali ketika ayahnya meninggal. Ia ingat do'a Rasulullah bagi keluarganya.

Rasulullah sedang membangun asosiasi positif.

Abi Hurairah meriwayatkan: Rasulullah mencium Hasan bin Ali. Seorang sahabat berkomentar, Aku memiliki 10 orang anak, aku tidak pernah mencium mereka. Rasulullah bersabda, "barang siapa yang tidak menyayangi tidak akan disayangi."

Rasulullah mencium cucunya di tempat umum. Umar bin Khattab, ketika mencium anaknya, salah seorang gubernurnya mengatakan mengapa dia melakukannya. Umar mengatakan, "Apa salahku sehingga engkau tidak menyayangi orang yang engkau perintah?"

Rasulullah menggendong cucu perempuannya Umamah (anak Zainab) ketika sedang mengimami shalat. Hal ini dilakukan oleh Rasulullah di depan para sahabat senior seperti Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali. Bayangkan ketika Umamah besar, dia akan menggendong anak perempuannya ketika sedang shalat sebagaimana Rasulullah pernah lakukan padanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan