Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Pembahasan Hadits Arba’in ke-5 - antara Sunnah dan Bid'ah


Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Dalam pertemuan yang lalu kita menjelaskan tentang bid’ah dalam agama. Kita sudah menjelaskan definisi bid’ah secara bahasa dan istilah.

Makna istilah: suatu jalan dalam agama yang dibuat-buat yang menerupai syariat yang dimaksudkan ketika ….
Sudah dijelaskan definisi sunnah menurut bahasa dan istilah.

Sunah adalah suatu perbuatan yang kalau kita kerjakan mendapat pahala, kalau tidak dikerjakan tidak berdosa.

Sunnah adalah lawan dari bid’ah.
  • Apakah semua yang dikerjakan Nabi SAW adalah sunnah
  • Apakah semua yang tidak dikerjakan Nabi SAW adalah bid’ah

Perbuatan Nabi
  • Jibiliyah
  • Tasyri’iyah
  • Khususiyah

Sunnah Jibiliyah
  • Sifat, tabiat, kecenderungan, kesenangan yang dimiliki manusia pada umumnya (kesukaan terhadap makanan tertentu)
  • Perkataan yang bersifat teknis dalam kehidupan sehari-hari atau kebiasaan tradisi yang berlaku di tengah-tengah sebuah komunitas tempat beliau tinggal misalnya cara makan, cara berpakaian, cara tidur, cara berkendaraan dan lain-lain

Rasulullah SAW adalah manusia biasa yang diberi wahyu.

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". (Q.S. Al Kahfi, 18: 110)

Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca". Katakanlah: "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?"  (Q.S. Al Isra’, 17: 93)

Katakanlah: "Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman". (Q.S. Al A’raaf, 7: 188)

Dari Abbas, dia mendengar Umar berkata dari atas mimbar: saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Jangan kalian terlalu berlebih-lebihan kepadaku sebagaimana kaum Nasrani telah bersikap kepada Isa bin Maryam. Sesungguhnya aku adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.

Dr. Yusuf Qardhawi: sebagian orang ada yang menyangka bahwa seluruh yang dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah sunnah. Padahal para ulama mengatakan bahwa perbuatan-perbuatan Nabi yang termasuk sebagai sunnah adalah apa yang dikatakan beliau sebagai ibadah.

Contohnya: setelah shalat dua rakaat sebelum subuh, beliau berbaring di sisi kanan tubuhnya. Menurut Imam Ibnu Hazm, kita harus mencontohnya. Aisyah mengatakan bahwa Rasulullah melakukannya karena beliau lelah setelah beribadah sepanjang malam.

Sebagian mengatakan bahwa makan pakai sendok dan garpu, makan diatas meja adalah bid’ah. ini adalah sikap yang berlebihan.

Pemahaman ini penting agar ketika ada orang yang tidak melakukan sunnah jibiliyah maka jangan dikatakan bid’ah.

Nabi SAW makan sesuai dengan kebiasaan masyarakatnya, sesuai dengan sifatnya yang memberi kemudahan.

Makan dengan tangan kanan bukan sunnah jibiliyah. Makan dengan mengucapkan basmalah bukan sunnah jibiliyah.

Rasulullah menyukai makanan yang terbuat dari madu, kismis, dll. Nabi suka makan daging, terutama paha depan domba. Beliau suka labu dan ketimun. Beliau tidak suka makan bawang putih dan bawang merah atau apapun yang menimbulkan bau mulut.

Peliharalah kuda hitam yang didahinya ada bintik berwarna putih.

Sebaik-baik yang kalian gunakan untuk bercelak adalah ksimis.

Kedua perintah diatas oleh para ulama tidak bernilai syar’i, sebab hal itu tidak berkaitan dengan masalah agama tapi berkaitan dengan pengalaman beliau dalam masalah dunia.

Utsaimin – memakai cincin bukan sunnah. Rasulullah memakai cincin untuk menstempel surat-surat yang ditujukan kepada para raja. Siapa yang memerlukan cincin maka menggunakan cincin adalah sunnah Nabi. Siapa yang tidak memerlukan cincin, maka memakai cincin baginya tidak sunnah. Memakai cincin emas bagi laki-laki adalah terlarang.

Apakah bekam termasuk dalam sunnah jibiliyah Nabi. Ia adalah pengobatan yang mubah, tidak dikatakan bekam itu adalah sunnah, sehingga orang yang tidak bekam tidak bisa dikatakan meninggalkan sunnah.
Utsaimin: bekam bukan sunnah, dia adalah bentuk pengobatan. Kalau dia perlu silahkan, kalau tidak perlu ya tidak apa-apa.

Khabbab bin Mundzir menyarankan agar pusat komando dipindah. Ijtihad Nabi sesuai dengan pengalamannya,  namun itu tidak sesuai dengan strategi perang. Yang lain adalah masalah pengawinan kurma. Antum a’lamu bi umuru dunyakum. Kalian lebih tahu tentang urusan dunia kalian.

Mencontoh sunnah jibiliyah dapat pahala.

Abdullah bin Umar bin Al Khattab. Beliau masuk Islam ketika masih kecil. Perang pertama yang diikutinya adalah perang Khandaq. Setelah Rasulullah meninggal, dia ikut perang Yarmuk. Dia tidak menerima tawaran jadi hakim. Dia juga menolak jadi khalifah. 2630 hadits yang diriwayatkan (kedua setelah Abu Hurairah).

Sunnah Khususiyah
  • Puasa wishal – puasa menyambung
  • Beristri lebih dari empat
  • Meletakkan pelepah kurma diatas kubur agar penghuni kubur mendapat keringanan siksa
  • Rasulullah berkurban untuk dirinya dan untuk seluruh umatnya yang belum berkurban. Kita hanya boleh sekeluarga.


Sunnah Tasyri’iyyah ada yang wajib dan sunnah. Wajib: shalat wajib. Sunnah: shalat sunnah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan