Apa Itu Serangan Jantung? Definisi dan Pilihan Pengobatan yang Telah Berubah

Gambar
  Serangan jantung sering kali dibayangkan sebagai seseorang yang memegangi dada mereka dalam kesakitan, dilarikan ke rumah sakit, dan mungkin meninggal sebelum tiba. Meskipun skenario ini mungkin terjadi, kenyataannya tidak selalu seperti itu. Serangan jantung tidak selalu mengikuti pola yang sama. Gejala bisa sangat parah atau justru sangat ringan. Proses yang menyebabkan serangan jantung juga dapat bervariasi, sehingga kerusakan pada jantung bisa berat atau bahkan hampir tidak ada. Apa Sebenarnya Serangan Jantung Itu? Sebagian besar serangan jantung terjadi ketika salah satu arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung tidak dapat mengirimkan darah dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak bisa mengalirkan darah sama sekali. Penyebab yang paling umum adalah penumpukan plak lemak di dalam arteri tersebut. Ada dua mekanisme utama yang menyebabkan aliran darah terganggu, yang dikenal sebagai serangan jantung tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 : Pada serangan jantung tipe ini, plak pada dindin

Islam Garis Tengah - K.H. Muhyidin Junaidi

Pada hari Jum'at, 29 Juni 2018 bertempat di Masjid Alumni IPB, Bogor, setelah shalat Subuh, admin mendengarkan kajian Tafsir Al-Maraghi yang disampaikan oleh K.H. Muhyidin Junaidi. Beliau menyampaikan topik tentang Islam Garis Tengah.

Ciri pertama Islam Garis Tengah yang beliau sampaikan adalah "tawazun" (Keseimbangan). Beliau menggambarkan kondisi umat Islam yang tidak tawazun dalam penggunaan kekayaan alamnya seperti kondisi di Irak. Negara ini bisa mengekspor minyak jutaan barrel setiap harinya, tapi penduduknya banyak yang berada di bawah garis kemiskinan.

Beliau mengingatkan kita pada hadits Rasulullah yang berbunyi: Bekerjalah kamu untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah engkau akan mati besok. 

Beliau juga mengingatkan pada ayat Qur'an yang berbunyi:

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.S. Al-Qasas, 28: 77)

Beliau menceritakan bahwa negara Tunisia melarang warga negaranya untuk menunaikan ibadah haji dan ini disetujui oleh muftinya. Alasan mereka adalah biaya yang diterima oleh Saudi Arabia dari pelaksanaan ibadah haji digunakan untuk membeli senjata dan digunakan untuk membunuh saudara Muslim di Yaman.

Ciri kedua Islam Garis Tengah yang beliau sampaikan adalah "toleransi" (tasamuh). Beliau mengatakan bahwa orang yang bilang kaum Muslimin Indonesia tidak toleran adalah orang yang tidak mengerti sejarah. Pada awal kemerdekaan dulu, karena pendiri bangsa kita menenggang permintaan dari kaum minoritas untuk menghapus kata-kata "kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya" dari sila pertama Pancasila. 

Berkaitan dalam masalah toleransi, Allah berfirman:

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (Q.S. Mumtahanah, 60: 8)

Jadi kalau dalam urusan muamalah, kita tidak dilarang untuk bertoleransi dengan mereka. Tapi dalam masalah ibadah, maka kita harus berprinsip:

Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku". (Q.S. Al-Kafirun, 109: 6)

Beliau tidak setuju bila ada orang Muslim yang menjaga gereja waktu Natal, karena itu menggambarkan bahwa orang Muslim suka membuat masalah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan