Kacang Dede: Oleh-Oleh Lezat dari Kapuas

Gambar
  Penulisan artikel ini dibantu oleh ChatGPT Saat saya mengunjungi Pameran Koperasi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalangkang dalam rangka Ulang Tahun Koperasi ke-77 dan Pertemuan Raya II Kaum Bapak Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Tahun 2024 se-Indonesia di Kuala Kapuas pada hari Kamis, 25 Juli 2024, saya mengunjungi beberapa stand yang ada di sana. Salah satu yang menjadi favorit adalah kacang di atas. Kacang Dede, produk lokal dari Kapuas, menarik perhatian saya dengan kemasannya yang sederhana namun menarik. Kacang ini diproduksi oleh UMKM setempat dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kapuas yang sangat populer. Kacang ini tidak hanya lezat tetapi juga diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi, terbukti dengan adanya sertifikasi P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) dengan nomor 216203010098-28. Kacang Dede ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, cocok dinikmati sebagai camilan sehari-hari atau sebagai pendamping

Guru Penentu Masa Depan Bangsa

Tommy Saputra (Tengah) berfoto bersama para guru saat usai Upacara Peringatan HGN di Kuala Kapuas Senin (26/11) pagi.

Dalam momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tepatnya diperingati setiap tanggal 25 November merupakan momentum bagi para pendidik untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didik. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Kapuas Tommy Saputra.

Politisi Muda ini menilai, peringatan Hari Guru Nasional merupakan bentuk penghargaan dunia atas jasa dan peran guru sebagai penentu masa depan bangsa, karena banyak orang sukses di dunia ini tak lepas dari peran para guru. Pepatah mengatakan Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat,” sebutnya.


Caleg DPRD Kabupaten Kapuas Dapil Kapuas 1 Nomor Urut 3 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, guru merupakan sosok penting bagi kehidupan setiap bangsa. Menurutnya, banyak orang sukses di dunia ini tak lepas dari peran para guru.

Guru merupakan penggerak perubahan dan penentu masa depan bangsa, seorang guru harus mampu menumbuhkan motivasi, semangat belajar bagi anak dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta guru diharapkan mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi peserta didik agar dapat melahirkan peserta didik yang cerdas berkualitas," kata Tommy saat dibincangi usai Upacara Peringatan HGN di Kuala Kapuas Senin (26/11) pagi.


Pemuda yang aktif diberbagai organisasi ini berharap kedepannya kualitas pendidikan di Kabupaten Kapuas menjadi semakin baik dan selaras dengan peningkatan kesejahteraan para guru PNS, swasta dan honorer. Mari kita memuliakan guru karena guru merupakan sosok penting bagi kehidupan setiap bangsa.

“Selamat hari guru nasional, maju pendidikan di Kabupaten Kapuas,” tutur politisi muda kelahiran Kuala Kapuas ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan