Minggu, 24 Maret 2019

Pengalaman mengikuti ujian nasional sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa tingkat dasar

Pada hari Senin-Kamis, 18-21 Maret 2019 yang lalu, admin mengikuti pelatihan 4 hari Perpres No. 16 Tahun 2018 di Convention Hall, Hotel Banjarmasin Internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dalam pelatihan tersebut kami dibimbing oleh Ibu Ayu, Ibu Mutiara dan Bapak Riswan. Kami diberikan materi dari LKPP yang terdiri dari 9 modul. Setiap setelah habis satu modul, kami diberi tes materi. Setelah semua materi berakhir kami diberi materi try out ujian nasional.

Setelah pelatihan hari kedua, admin mencoba soal quiz yang ada di http://heldi.web.id/qiuz/ dan dapat nilai 60/90, artinya dari 90 soal yang diberikan, hanya benar 60 saja. Admin bisa menyelesaikan soal-soal tersebut dalam waktu sekitar 1 jam.

Selama pelatihan admin menyempatkan diri untuk menyelesaikan membaca Perpres No. 16 Tahun 2019 dan menghapal poin-poin yang menurut narasumber sering keluar dalam ujian.

Setelah pelatihan hari terakhir, admin kembali mencoba menjawab soal try out tersebut. Alhamdulillah bisa menyelesaikannya dalam waktu 1 jam tanpa membuka buku. Setelah dikoreksi menggunakan standar penilaian yang ada, nilainya adalah 172, berarti sudah diatas nilai batas lulus yaitu 167.

Pada hari Jum'at, 22 Maret 2019, kami mengikuti ujian di Laboratorium Komputer Teknik Informatika Politeknik Banjarmasin. Setelah kami semua masuk ruangan, pengawas dari LKPP memberikan penjelasan tentang tata tertib ujian, kemudian memberikan simulasi pengerjaan soal. Setelah itu kami mengerjakan soal tersebut di komputer masing-masing.

Admin menjawab soal mulai dari soal benar salah (1-25), soal pilihan ganda (26-80) sampai soal kasus (81-90). Alhamdulillah dalam waktu satu jam bisa selesai. Satu jam berikutnya admin gunakan untuk mengoreksi jawaban yang meragukan dengan membuka buku Perpres No. 16 Tahun 2019. Alhamdulillah masih sempat mengoreksi beberapa jawaban yang salah.

Setelah waktu 120 menit berakhir, keluar pengumuman, "Anda Lulus" dengan nilai 196. Alhamdulillah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!