Jumat, 07 Juni 2019

Kenikmatan hidup di dunia - Nouman Ali Khan


Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal. Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf. (Q.S. Asy-Syura, 42: 36-37)
Ramadhan mengajarkan kepada kita tentang bagaimana sedikitnya waktu yang kita miliki untuk mengejar target utama. Ayat diatas mengajarkan kepada kita tentang tujuan utama kita.

Kalau kita membaca buku terlalu dekat, kita tidak akan bisa melihat apa-apa. Tapi bila kita meletakkannya pada jarak baca, maka kita akan bisa membaca apa yang tertulis dalam buku tersebut. Begitu juga dengan kehidupan kita.

Apapun yang Allah berikan kepada kita baik berupa pakaian, uang, tubuh, kesehatan, pekerjaan, keluarga, teman, mobil, pengalaman (baik dan buruk), kejadian, dan lain-lain adalah apa yang Allah berikut untuk kehidupan yang paling rendah. "dunya" adalah "arabic feminin" for "adna" - yang paling rendah. Allah menciptakan kita di surga. Kita diturunkan ke dunia. Kita akan kembali ke surga. Kita harus menjadikan segala yang kita lakukan untuk mengembalikan kita ke surga.

Ketika Rasulullah melihat orang yang sakit, beliau memotivasinya untuk menjadikan sakitnya sebagai salah satu cara untuk membersihkan dosanya.

Contoh: orang yang disuruh menggali sedalam 5 meter yang berisi uang 50 ribu rupiah dan 50 milyar.

Apa yang ada disisi Allah lebih baik dan lebih kekal. Bandingkan dengan apa yang ada didunia yang memburuk dan usianya tidak lama.

Contoh: orang miskin yang tahu bahwa dalam waktu satu bulan di akan jadi kaya, dia akan menghadapi kehidupan satu bulannya, tanpa terlalu memikirkannya.

Manusis diciptakan bersifat tergesa-gesa. Allah menawarkan sesuatu yang tidak segera. Setan menawarkan sesuatu sekarang.

Dalam ayat-ayat berikutnya Allah menjelaskan karakteristik orang-orang yang demikian. Diantaranya:

  • Mereka menjauhi dosa-dosa besar
  • Mereka menjauhi perbuatan keji
  • Bila mereka marah, mereka memaafkan

1 komentar:

  1. izin share ya admin :)
    f*a*n*s*b*e*t*t*i*n*g aman dan terpercaya
    buruan daftar, main dan menangkan
    WA : +855 963156245 :)

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!