Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Pengalaman diambil swab untuk pemeriksaan COVID-19

Sebagai petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit dan pernah beberapa kali menangani jenazah-jenazah pasien COVID-19, admin diminta untuk diperiksa status COVID-19-nya apakah positif atau negatif.

Pada hari Rabu, 27 Mei 2020 bersama dengan petugas kesehatan yang lain, admin mengikuti pengambilan swab di Ruang Dahli, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 
  • Kami diminta untuk mengisi formulir yang berisikan identitas
  • Kami antri untuk pemeriksaan
  • Saat nama saya dipanggil, saya masuk ruang tunggu. Di ruang tersebut saya bila melihat dari balik plastik tebal pasien lain yang sedang diambil swab-nya. Pasien tersebut diminta untuk menengadahkan kepalanya sehingga lidi swab bisa mudah masuk ke dalam hidung. Setelah memasukkan lidi swab ke lubang hidung yang satu, dimasukkan lagi ke lubang hidung yang lain. Setelah itu menggunakan lidi swab berbeda dilakukan pengambilan sampel untuk tenggorokan.
  • Ketika saya diminta masuk, saya duduk di kursi periksa dan saya langsung menengadahkan kepala ke atas sehingga mudah bagi dokternya untuk memasukkan lidinya ke dalam hidung saya. Ketika ujung lidi tersebut menyentuh bagian dalam hidung saya, kemudian diputar, "pedes" rasanya. Setelah dari satu hidung ke hidung yang lain.
  • Untuk swab tenggorokan hampir tidak terasa.
Menurut keterangan dokter yang memeriksa, reaksi masing-masing orang berbeda-beda terhadap prosedur yang dilakukan tersebut. 

Memang ketika saya menunggu diluar, teman-teman yang diperiksa, menunjukkan mimik yang berbeda-beda saat selesai diperiksa, ada yang biasa saja, ada yang batuk-batuk, ada yang berlinang air mata, ada yang pura-pura menangis biar yang lain merasa kaget.

Tadi ada anak kecil yang ikut diperiksa dan waktu ditanya kepada orang tuanya, anaknya tidak menangis waktu diperiksa. Anak tersebut dipegang dengan cara memegang anak bila akan dilakukan pemeriksaan THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan), cara memegang yang khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan