Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Adopsi Anak Yatim - Syaikh Omar Suleiman

Berikut catatannya:

Hadits:

Carilah aku diantara dhu'afa (orang-orang yang rentan dalam masyarakat). 


Kalian tidak akan dijamin kemenangan, kesehatan, rezeki dari Allah SWT kecuali dengan bagaimana kalian memperlakukan para dhu'afa dalam masyarakat kalian.

فَأَمَّا الْإِنسَانُ إِذَا مَا ابْتَلَاهُ رَبُّهُ فَأَكْرَمَهُ وَنَعَّمَهُ فَيَقُولُ رَبِّي أَكْرَمَنِ

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku".

وَأَمَّا إِذَا مَا ابْتَلَاهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُولُ رَبِّي أَهَانَنِ

Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku".

كَلَّا ۖ بَل لَّا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ

Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim,

وَلَا تَحَاضُّونَ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin,

وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ

dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin

Dukungan moral (martabat, penghargaan) lebih utama dari dukungan harta

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam,

أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?

فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ

Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.

Sebagai penghargaan terhadap Yatim (Rasulullah)

Daud: Jadilah bagi Yatim, ayah yang penyayang

Rasulullah adalah penjaga anak yatim dan pelindung janda

Rasulullah: wanita Quraisy adalah orang yang baik kepada anak yatim dan loyal kepada suami

Ya Allah saksikanlah bahwa aku sudah menyampaikan agar memenuhi hak dari dua yang rentan yaitu yatim dan para wanita

Hal ini penting karena umat ini memiliki lebih banyak yatim dari umat yang lain

Yatim - kehilangan ayah

Latiim - kehilangan ayah dan ibu

Laqiith - diabaikan orang tua

Yatim sampai usia pubertas / baligh

Yatim - janda, orang tanpa perlindungan suku

Rasulullah dalam akad nikahnya dirujuk sebagai Yatim of Abu Thalib

Yatim terkenal:

  • Rasulullah
  • Abu Hurairah - pembantu anak Ghazwan
  • Anas bin Malik - anak Ummu Sulaim
  • Zubair ibn Shafiyah, menikah dengan Asma binti Abu Bakar, calon khalifah sesudah Umar. Merawat 7 sahabat yang yatim (anak Utsman bin Affan, anak Abdullah bin Mas'ud)
  • Aisyah membesarkan anak-anak Muhammad bin Abu Bakar (4 orang) - dasar Fiqh Zakat
  • Malik, Syafi'i, Ahmad, Ats-Tsauri, Al-Auza'i
  • Bukhari, Ibnu Hajar Al-Atsqalani
  • Al-Ghazali, Ibn Jauzi, 
  • Jalaludin As-Suyuti, 
  • Thariq bin Ziyad, Imaduddin Az-Zinki, 

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: Orang yang berjuang untuk janda dan orang dhu'afa adalah seperti orang yang berjihad di jalan Allah dan seperti orang yang berpuasa di siang hari (tanpa berbuka) dan shalat sepanjang malam hari (Al Adab Al Mufrad)

Abu Darda r.a. berkata, seseorang yang mengeluhkan tentang kerasnya hati datang kepada Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda: Engkau ingin hatimu lunak dan keperluanmu terpenuhi. Lemah lembutlah kepada anak yatim. Usap kepalanya dan beri dia makanan dari makananmu, hatimu akan lembut dan keperluanmu terpenuhi (H.R. Ahmad)

Saya dan orang yang memelihara anak yatim akan berada di surga seperti dua jari ini (Al Adab Al Mufrad)

Ibn Bathal: siapa yang mendengar hadits ini wajib menjalankan

Ibn Hajar: tidak ada perbedaan derajat dengan Rasulullah, ini adalah teman dekat Rasulullah

Rasulullah SAW bersabda: barang siapa yang mengajak anak yatim dari kalangan orang Islam untuk makan dan minum bersamanya sampai dia dapat menyediakan untuk dirinya; sesungguhnya dia dijamin surga (H.R. Abu Dawud)

Orang yang dekat dengan Rasulullah di surga:

  • Banyak sujud
  • Akhlak yang baik
  • Banyak bershalawat
  • Membawa anak yatim ke rumah Anda

Salah satu arti yatim adalah alone

Ibnu Umar tidak akan makan melainkan ada yatim bersamanya

Kisah Ibnu Umar yang makan duluan sebelum yatim

Ibnu Umar tidak pernah menolak untuk merawat anak yatim

Rumah terbaik disisi Allah adalah rumah yang ada anak yatim yang diperlakukan dengan baik; dan sebaliknya

Al-Hasan tentang tradisi memelihara yatim, miskin, tetangga

Rasulullah mengutamakan yatim Badr untuk pembagian budak

Rasulullah meminta kita memperlakukan yatim seperti anak sendiri

17: 34

4: 10

Ketika dua ayat ini turun, sahabat bertanya kepada Rasulullah

2: 220

Kita mendisiplinkan yatim seperti anak sendiri

Anak yatim harus diminta izinnya bila mau dinikahkan

Perlakuan baik kepada yatim di rumah menjadi sedekah

Kisah Abu Dahdah - 600 pohon kurma dengan satu pohon

Basyir bin Aqrabah, ketika dia menangis Rasulullah menenangkannya dengan mengatakan bahwa dia adalah ayahnya, Aisyah adalah ibunya 

Kisah Zaid bin Haritsah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan