Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Know Your Lemons sebagai contoh dari sebuah Social Enterprise

 



Selama beberapa hari ini saya mempromosikan kepada beberapa kalangan bahwa Know Your Lemons Foundation adalah salah satu contoh "Social Enterprise" yang layak untuk ditiru. 

Sebagai sebuah yayasan, lembaga ini memiliki misi yang sangat jelas yaitu ingin mengajarkan tanda-tanda kanker payudara kepada seluruh wanita di seluruh dunia, sehingga mereka bisa melakukan deteksi secara dini.

Upaya ini dilakukan dengan sangat baik, mulai dari pemilihan bahan belajarnya yang sangat menarik, kemudian proses kaderisasi yang sangat baik.

Melalui media sosial yang mereka miliki, mereka menyampaikan informasi tentang kesehatan payudara. Kemudian mereka merekrut relawan. Bila relawan tersebut mau menjadi pendidik (educator), maka dia akan dilatih. Bila dia selesai pelatihan maka dia akan menjalani proses orientasi. Dalam orientasi tersebut dijelaskan dengan tujuan dan berbagai macam hal terkait dengan Know Your Lemons, bahkan berbagai perkakas yang bisa memudahkan mereka dalam proses pembelajaran.

Setelah orientasi peserta akan mendapatkan "lanyard" yang berisi bola-bola dengan berbagai ukuran yang menggambarkan berbagai ukuran tumor di payudara.

Pendidik juga ditawari untuk mendapatkan perkakas mengajar luring tapi dengan syarat dapat menyebutkan jumlah orang yang akan diajar menggunakan alat tersebut dalam waktu satu tahun.

Slide presentasi untuk mengajar sudah disediakan dalam bahasa Inggris (bahasa Indonesia juga sudah tersedia). Slide presentasi dibedakan antara kegiatan daring dan luring. 

Dalam slide presentasi tersebut sudah dicantumkan apa-apa yang harus disampaikan dalam setiap slide. 

Media-media promosi juga sudah disediakan untuk berbagai media sosial. Bahkan undangan dalam bentuk "file" pun sudah disediakan, jadi tinggal di modifikasi saja. 

Sebelum kegiatan mengajar, peserta diminta untuk mengisi kuis terlebih dahulu. Tautannya pun sudah disediakan:

https://www.knowyourlemons.com/quiz

Dalam proses belajar, ada permainan. Tautannya pun juga sudah disediakan:

http://knowyourlemons.com/play

Setelah kegiatan berakhir, peserta diminta untuk memberikan umpan balik. Tautannya pun juga sudah disediakan:

https://www.knowyourlemons.com/student

Sebagai pendidik, setiap setelah selesai kegiatan penyuluhan, kami diminta untuk membuat laporan pada tautan berikut:

https://www.knowyourlemons.com/report

Dampak dari umpan balik dan laporan kegiatan tersebut dapat dilihat dalam peta pada alamat berikut:

https://www.knowyourlemons.com/impact

Bila peserta mengirim umpan balik, maka mereka akan menerima email-email dari Know Your Lemons yang berkaitan dengan berita tentang kesehatan payudara.

Dalam menjalankan kegiataannya, mereka memanfaatkan dana yang diperoleh dari donasi:

https://knowyourlemons.com/donate

dan melalui kegiatan menjual barang-barang yang ada kaitannya dengan Know Your Lemons:

knowyourlemons.com/shop

Jadi sebuah lembaga sosial yang memiliki usaha yang dapat membiayai berbagai kegiatannya, maka layaklah dia disebut sebagai sebuah "Social Enterprise" yang baik.

@knowyourlemons

Komentar

  1. Iihik artinya...
    Imapoi artinya
    Imbawau artinya...
    Ada yg tau artinya...apa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan